Telaah Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan e-LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Main Article Content

Ghozy Hanafi Agung
Adi Satrio Ardiansyah

Abstract

Pembelajaran matematika yang sering dijumpai di sekolah ialah pembelajaran secara langsung dengan metode ceramah. Pembelajaran yang teacher centered dan hanya mentransfer informasi dapat mengakibatkan peserta didik menjadi tidak aktif dan kurang memahami konsep dari materi yang diberikan sehingga mempengaruhi terhadap rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dapat dijadikan inovasi dalam pembelajaran dengan berbantuan e-LKPD untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (menggunakan data sekunder dengan kata kunci pencarian yang sesuai dengan tujuan) untuk menelaah model Conceptual Understanding Procedures berbantuan e-LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Adapun teknik analisis data terdiri dari tiga tahapan yaitu organize, synthesize, dan identify. Hasil dari studi literatur menunjukkan bahwa model Conceptual Understanding Procedures dengan berbantuan e-LKPD dapat menjadi solusi inovatif untuk mengembangkan pemahaman konsep dari materi yang diberikan serta kemampuan pemecahan masalah siswa. Pembelajaran dengan model Conceptual Understanding Procedures berbantuan e-LKPD akan memfasilitasi siswa untuk melakukan aktivitas memahami konsep dan masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan permasalahan sesuai rencana yang telah dibuat, dan memeriksa kembali jawaban.

Article Details

How to Cite
Agung, G., & Ardiansyah, A. (2023). Telaah Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan e-LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 360-366. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/67096
Section
Articles

References

Adilla, T. N., Silitonga, F. S., & Ramdhani, E. P. (2018). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Darmawan, M. A., & Yuwaningsih, D. A. (2021). Pengembangan ELKPD Matematika Berbasis Problem Solving Pokok Bahasan Pola Bilangan. JURNAL PENDIDIKAN ….scholar.archive.org. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/xsqkradqmjfvxpw7etzsmnmt64/access/wayback/http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/download/22552/pdf
Hidayah, A. N. et al., (2021). PENGEMBANGAN E-LKPD (ELEKTRONIK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK) FISIKA DENGAN 3D PAGEFLIP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 36–43. https://doi.org/10.30738/cjipf.v7i2.9091
Ibrahim., Kosim., dan Gunawan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3 (1): 14-23
Julian, R., & Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. PROCEEDINGS OF THE 1st STEEEM 2019, 238–243. https://doi.org/ISBN: 978-602-0737-35-5
Khairunnisa, D. E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terehadap Kemampuan Pemahaman Dan Disposisi Matematis Siswa SMA. Skripsi FKIP UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/29295/3/9 BAB II.pdf
Lestari, I., Andinny, Y., & Mailiziar. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(1), 95–108
Mustangin. 2020. Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Penerbit Kota Tua
Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika LUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71–82
Nugraha, D. A., Binadja, A., & Supartono. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi SETS, Berorientasi Konstruktivistik. Semarang: Journal of Innovative Science Education. Journal of Innovative Science Education, 2(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
OECD. (2018). Indonesia – OECD: Programme for International Students Assessment (PISA) Results from PISA 2018. OECD.
Pangestika, Umi I. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Metakognitif Pada Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dengan Pendekatan Open-Ended. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Polya, G. (1985). How to Solve it. In Stochastic Optimization in Continuous Time. https://doi.org/10.1017/cbo9780511616747.007
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93-108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Riyana, M., Farida, & Dewi, N. R. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH : DAMPAK PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE ( IOC ) DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING. MAJU, 8(1), 27–37
Rosdianaa, L., Ubay, A. N., Martini, & Sabtiawan, W. B. (2019). Analysing problem solving skills of secondary school students by using a student worksheet. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012204
Sumartini, T. S. et al., (2020). Pedagogical Content Knowledge. Journal Pekemas, 3(1), 10-12.
Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. Proceedings of the 3rd International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE 2020). http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Zulyana et al., (2020). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES. Proceedings of Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Bandar Lampung: 2020. Hal. 1-11.