Telaah Model Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Literasi Matematika Siswa

Main Article Content

Lina Lina
Amidi Amidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap
literasi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yaitu menggunakan data sekunder
berupa artikel ilmiah, laporan penelitian, buku dan sumber lain yang relevan. Adapun teknik analisis data yang
digunakan terdiri atas tiga tahapan, yaitu mengorganisasikan, mensintesis, dan mengidentifikasi. Hasil yang
dicapai yaitu terbentuknya sintaks model Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM berdasarkan
literatur yang telah dianalisis serta keterkaitan Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM dengan
literasi matematika. Berdasarkan hasil dan pembahasan, menunjukkan bahwa model PjBL (Project-Based
Learning) terintegrasi STEM mampu mengembangkan literasi matematika siswa. Pembelajaran secara
langsung melalui objek-objek yang dihadapi oleh peserta didik di lingkungan sekitar serta pemberian proyek
permasalahan pada awal pembelajaran yang berkaitan dengan sains, teknologi, teknik dan matematika, akan
menambah pengetahuannya terhadap matematika dan kaitannya pada bidang lain, serta mereka dapat berperan
aktif dalam menyelesaikan proyek matematika yang telah diberikan berdasarkan bimbingan yang diberikan oleh
guru. Penelitian berikutnya yang menarik untuk dikembangkan adalah bagaimana proses pembelajaran dengan
model Project-Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap literasi matematika siswa dengan media
pembelajaran yang sesuai.

Article Details

How to Cite
Lina, L., & Amidi, A. (2023). Telaah Model Project Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Literasi Matematika Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 334-341. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/67214
Section
Articles

References

Ariyadi Wijaya, van den Heuvel-Panhuizen, M., & Doorman, M. (2015). Identifying ways to improve
student performance on context-based mathematics task, Proceeding of the Congress of European
Research in Mathematics Education, Prague, 9
Asmara, M., & Wardono, W. (2019). Mathematical literacy ability on project based learning model with
RME approach assisted by schoology. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(2), 81-88.
Chen, CS., Lin, JW. (2019). A Practical Action Research Study of the Impact of Maker-Centered STEMPjBL on a Rural Middle School in Taiwan. Int J of Sci and Math Educ 17 (Suppl 1), 85–108
https://doi.org/10.1007/s10763-019-09961-8
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary mathematics teachers’ conceptions of mathematical
literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222-237.
Gülçin Yılmazer, Melek Masal 92014), The Relationship between Secondary School Students’
Arithmetic Performance and their Mathematical Literacy, Procedia - Social and Behavioral Sciences,
Volume 152, Pages 619-623.
Kelana J B et al 2020 J. Phys.: Conf. Ser. 1657 012006
Kong, S. F., Effendi, M., & Matore, E. M. (2020). STEM approaches in teaching and learning process:
Systematic Literature review (SLR). Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik Malaysia, 10(2), 29-44.
Lailiyah, S. (2017, August). Mathematical literacy skills of students’ in term of gender differences. In AIP
Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1, p. 050019). AIP Publishing LLC.
Lou, S.-J., Chou, Y.-C., Shih, R.-C., & Chung, C.-C. (2017). A Study of Creativity in CaC2 Steamshipderived STEM Project-based Learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology
Education, 13(6), 2387-2404. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01231a
Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: analisis
menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia 1. Literasi Matematika Siswa
Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia
1, 20(4), 452-469.
Mujib, M., Mardiyah, M., & Suherman, S. (2020). STEM: Pengaruhnya terhadap Literasi Matematis dan
Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1),
66-73.
Mujib, Mardiyah, dilihat, T.D., & Gambar, P. (2020). STEM: ITS IMPACT TO MATHEMATICS
LITERACY AND MULTIPLE INTELLIGENCES.
Lina, Amidi 341
PRISMA 2023, Vol. 6, 334-341
Nitasari, A., Suyitno, H., & Isnarto, I. (2018). Analysis of mathematical literacy ability on PjBL model
assisted by observation independent task. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 129-136.
Purba, F. C. (2021). STUDI LITERATUR MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Doctoral dissertation, UNIMED).
Saputri, G. L., Wardono, W., & Karisudin, I. (2019, February). Pentingnya Kemampuan Literasi
Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing,
Applying, Cooperating, Transferring). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2,
pp. 563-571).
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813-820.
Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana. In Seminar
Nasional matematika dan pendidikan matematika UNY (Vol. 8, pp. 713-720). Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta.
Sari, R. H. N., & Wijaya, A. (2017). Mathematical literacy of senior high school students in
Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 100-107.
Setiawan, H., Dafik, N. D. S. L., & Lestari, N. D. S. (2014, November). Soal matematika dalam PISA
kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. In Prosiding Seminar
Nasional Matematika, Universitas Jember.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran
matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional
Matematika (pp. 605-612).
Sunisa Sumirattana, Aumporn Makanong, Siriporn Thipkong, (2017). Using realistic mathematics
education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students'
mathematical literacy, Kasetsart Journal of Social Sciences, 38 (3), 307-315.
Ting, F. S. T., Lam, W. H., & Shroff, R. H. (2019). Active learning via problem-based collaborative games
in a large mathematics university course in Hong Kong. Education Sciences, 9(3), 172.