Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk membantu restoran dalam upaya mengoptimalkan perkembangan teknologi informasi yang ada. Bantuan dilakukan dalam bentuk kegiatan pendampingan terhadap manajemen restoran dalam mengaplikan beberapa teknologi informasi sesuai kebutuhan mereka. Metode yang digunakan selama pendampingan ini adalah melalui lima tahap. Tahap pertama adalah preparation, yaitu tahap pengenalan usaha mitra, kemampuan mitra, dan kebutuhan mitra akan IT restoran. Tahap kedua adalah development, yaitu tahap membangun sistem kebijakan iptek yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mitra. Tahap ketiga adalah quality plan, yaitu tahap membangun sistem evaluasi kebijakan iptek yang mana bisa mendeteksi kelemahan dari sistem tersebut. Tahap keempat implementation, yaitu tahap menerapkan sistem kebijakan iptek pada aktivitas di restoran. Tahap kelima adalah evaluation, yaitu tahap menerapkan sistem evalusi kebijakan iptek. Berdasarkan hasil pengabdian, restoran mitra pengabdian telah berupaya meningkatkan kinerja restorannya dengan mengadopsi beberapa fasilitas IT, yaitu aplikasi kasir berbasis android dengan Loyverse dan WiFi dengan IndiHome. Pengabdian ini berusaha membantu melakukan pendampingan ke restoran agar dapat mengaplikasikan IT restoran tersebut dengan optimal. Dampak setelah pengabdian adalah pencatatan transaksi di restoran menjadi lebih mudah dan tertib dengan adanya aplikasi kasir berbasis android, restoran mulai mengandalkan fasilitas WiFi sebagai pendukung operasional manajemen yaitu untuk menjalankan aplikasi WhatsApp dan sosial media restoran, menjalankan aplikasi kasir serta menjadi salah satu daya tarik disetiap promo yang dilakukan restoran.