PERSEPSI PEJALAN KAKI TERHADAP TINGKAT KENYAMANAN JALUR TROTOAR DI JALAN RAYA SENENAN DAN JALAN RAYA TAHUNAN KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA

  • Nika Lufanto Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kenyamanan, Pejalan Kaki, Trotoar

Abstract

Di  Kecamatan  Tahunan  Kabupaten  Jepara,  aktifitas  masyarakat  untuk menjangkau  tempat-tempat  (lokasi)  pusat  kegiatan,  bisa  dilakukan  dengan  dua  cara, yaitu dengan memakai alat transportasi kendaraan bermotor, dan dengan berjalan kaki. Bagi  para  pengguna  kendaraan  telah  disediakan  jalur-jalur  lalu  lintas  jalan  yang  diatur sedemikian  tertib.  Begitu  pula  bagi  para  pejalan  kaki,  telah  ada  jalur  trotoar  yang disediakan  secara  khusus.  Akan  tetapi  pada  kenyataannya  sekarang  ini  trotoar  sudah tidak lagi difungsikan sebagaimana idealnya.

Penelitian  ini  dilaksanakan  di  jalur  trotoar  Jalan  Raya  Senenan  dan  Jalan  Raya Tahunan  Kecamatan  Tahunan  Kabupaten  Jepara.  Panjang  perlintasan  Jalan  Raya Senenan dan Jalan Raya Tahunan kurang lebih 7 kilometer. Dalam penelitian ini jumlah

volume  populasi  pejalan  kaki  adalah  rata-rata  2267/12  jam  pejalan  kaki (sebagaimana terlihat  dalam  Tabel  3.3  tentang  perhitungan  volume  pejalan  kaki),  dan  dapat  diambil sampel  sebagai  parameter  perkiraan,  yaitu  sebesar  10%  dari  jumlah  populasi  yang diperoleh  dari  hasil  perhitungan  peneliti.  Maka  besar  sampel  dalam  penelitian  ini ditetapkan berjumlah 200 orang pejalan kaki.

Metode  yang  digunakan  dalam  pengumpulan  data  penelitian  ini  adalah  melalui teknik  dokumentasi,  dan  angket.  Hasil  yang  diperoleh  dari  perhitungan  analisis deskriptif prosentase, (dalam 4 lokasi pengambilan sampel populasi) mengenai persepsi pejalan kaki tentang kenyamanan  yang ditinjau dari seluruh faktor, baik itu dari faktor sirkulasi,  cuaca,  bising,  aroma,  bentuk,  kebersihan,  dan  keindahan,  keamanan  atau

keselamatan, dan kelengkapan fasilitas penunjang, adalah diperoleh bahwa dari jumlah

responden sebanyak 200 pejalan kaki, dengan total skor 8418 menghasilkan 52,61% dan

tergolong dalam kriteria tidak baik, dalam pemanfaatan jalur trotoar Jalan Raya Senenan

dan Jalan Raya Tahunan.

Dari  penelitian  ini  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  hasil  perhitungan  analisis deskriptif  prosentase  yang  telah  diperoleh,  memberikan  keterangan  bahwa  dari  jumlah responden  sebanyak  200  pejalan  kaki  (dalam  4  lokasi  pengambilan  sampel  populasi, yakni Lokasi A, B, C, dan D) adalah tergolong dalam kriteria tingkat kenyamanan yang tidak baik. Penulis memberikan saran, bahwa perlu dilakukan pengaturan kembali atau penataan  ulang  yang  lebih  baik  untuk  penyediaan  fasilitas  jalur  trotoar  di  sepanjang Jalan Raya Senenan dan Jalan Raya Tahunan.

In  the  District  Tahunan  Jepara  district,  community  activities  to  reach  places (locations)  centers,  can  be  done  in  two  ways,  namely  by  means  of  transportation vehicles and on foot. For users of vehicles has been provided traffic lanes are arranged in  such  an  orderly  way.  Similarly,  for  the  pedestrians,  the  sidewalk  has  no  track-specific. But in fact now the sidewalk is no longer functioned as the ideal.

The  research  was  carried  out  on  the  curb  lane  Roads  and  Highways  Tahunan Senenan  Tahunan district  of  Jepara  Regency.  The  length  of  crossing  Highway  and Highways  Tahunan  Senenan approximately  7  kilometers.  In  this  study  population  the number  of  pedestrian  volume  is  the  average  of  2267/12  hour  pedestrian  (as  shown  in Table  3.3  of  the  pedestrian  volume  calculation),  and  samples  can  be  taken  as  a parameter  estimate,  amounting  to  10%  of  the  total  population  obtained  from  the calculation of researchers. Then the sample size in this study of 200 men set foot.

The  method  used  in  this  study  data  collection  is  through  engineering documentation,  and  questionnaires.  The  results  obtained  from  the  calculation  of  the percentage descriptive analysis, (4 sampling sites in the population) on the pedestrian's perception  of  comfort  in  terms  of  all  factors,  whether  it's  from  circulation  factors, weather, noise, smell, shape, cleanliness, and beauty, safety or safety, and completeness of  supporting  facilities,  is  obtained  from  the  respondents  that  as  many  as  200 pedestrians, with a total score of 8418 produced 52.61% and considered in the criteria is not  good,  in  the  utilization  of  the  pavement  lane  Highways  and  Roads  Tahunan Senenan.

From  this  study  it  can  be  concluded  that  the  calculated  percentage  descriptive analysis  has  been  obtained,  testified  that  from  the  number  of  respondents  of  200 pedestrians  (four  sampling  sites  in  the  population,  ie  Location  A,  B,  C,  and  D)  are considered  in  the  criteria  comfort  is  not  good.  The  author  gives  advice,  that  the necessary  re-arrangement  or  rearrangement  of  better  facilities  for  the  provision  of sidewalks along the lines Senenan Roads and Highways Tahunan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi V. Jakarta : Rineka Cipta.

Dhanoe, Iswanto. 2003. Thesis; Mengkaji Fungsi Keamanan Dan Kenyamanan Bagi Pejalan Kaki Di Jalur Pedestrian (Trotoar) Jalan Ngesrep Timur V Semarang.

Hakim, Rustam. 2011. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Edisi Kedua.Jakarta : Bumi Aksara.

Pawaka, Indra. 2006. Thesis; Hubungan Fungsi Dan Kenyamanan Jalur Pedestrian ( Studi Kasus Jl. Pahlawan Semarang ).

Pedoman Perencanaan Jalur Pejalan Kaki Pada Jalan Umum No.032/T/BM/1999

Lampiran No. 10 Keputusan Direktur Jenderal Bina Marga No. 76/KPTS/Db/1999 Tanggal 20 Desember 1999

Persyaratan Aksebilitas Pada Jalan Umum No. 022/T/BM/1999 Departemen Pekerjaan Umum. PT Mediatama Saptakarya.

Petunjuk Perencanaan Trotoar No. 007/T/BNKT/1990 Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Pembinaan Jalan Kota.

Scott, John. 2001. Kamus Lengkap Teknik Sipil. Semarang : Erlangga. Statistik Daerah Kabupaten Jepara 2011, Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara

Subrata, Toni. 2008. Thesis; Hubungan Seting Trotoar Dengan Tuntutan Atribut Persepsi Pedagang Kaki Lima.

Tata Cara Perencanaan Fasilitas Pejalan Kaki Di Kawasan Perkotaan No. 011/T/Bt/1995 Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Direktorat Bina Teknik.

Published
2013-08-01
Section
Articles