PENGARUH METODE PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MENGGAMBAR BANGUNAN GEDUNG DI SMK N 7 SEMARANG

  • Juang Eka Kurniawan Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
Keywords: Metode Portofolio, Hasil Belajar Konstruksi Pondasi

Abstract

Metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu metode Portofolio. Metode tersebut menempatkan siswa sebagai pusat pendidikan.  Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah dan berapakah besar pengaruh metodePortofolio terhadap hasil belajar mata diklat konstruksi pondasi siswa kelas XI SMK N 7 Semarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada dan seberapa besar pengaruh metode Portofolio terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N 7 Semarang.

Sampel penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 7 Semarang tahun pelajaran 2012/2013, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI TGB 1 dan XITGB 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes .dokumentasi digunakan untuk mengetahui nilai ulangan pada bab sebelumnya sedangkan Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa.

Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu Random Sampling. Metode yang digunakan untuk mengambil data yaitu metode observasi, metode tes, metode dokumentasi. Data hasil tes kognitif yang diperoleh akan dianalisis melalui 2 tahap yaitu uji tahap awal dan uji tahap akhir. Dari analisis data pada uji tahap awal diperoleh bahwa uji kesamaan rata-rata pada saat pre test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung = 0,29 sedangkan Ftabel = 2,979, karena Fhitung < Ftabel maka ketiga kelompok tersebut mempunyai kesamaan rata-rata yang sama. Sedangkan dari analisis data pada uji tahap akhir diperoleh bahwa uji perbedaan kedua rata-rata (satu pihak) pada saat post test diperoleh thitung = 2,048 lebih besar dari ttabel = 1,061, maka hipotesis Ho ditolak. Oleh karena Ho ditolak berarti metode Portofolio lebih baik daripada metode pembelajaran Konvensional. Berdasarkan perhitungan koefisien biserial pengaruh metode Portofolio terhadap hasil belajar = 57,51%.

References

Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono.2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Ariestadi, Dian. 2008. Teknik Struktur Bangunan jilid 3 untuk SMK. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Hudaya, Anjar. 2009 Komparasi Metode Pembelajaran Genius Learning Dengan Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Di Sma Negeri 1 Gubug. Skripsi Kimia.: FMIPA UNNES.

Published
2012-08-01
Section
Articles