PENGEMBANGGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA PADA MATA PELAJARAN AUTOCAD 2D DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

  • Feronica Dara Gedung E3 Lantai 2 FT Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Keywords: Development of instructional media, AutoCAD, lectora, learning difficulties..

Abstract

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh expert atau ahli media, dan data persepsi siswa peserta mata pelajaran AutoCAD 2D terhadap media mengenai kesulitan belajar Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara menyebar angket persepsi kepada siswa SMK kelas XII Teknik Gambar Bangunan (TGB) dan Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB).Hasil penelitian ini didapat bahwa pesepsi siswa TGB menggunakan media modul dapat mengurangi kesulitan belajar sebesar 64,9 % ,menggunakan media lectora sebesar 91,9 %, sedangkan persepsi siswa TKBB menggunakan media modul dapat mengurangi kesulitan sebesar 61,9% dan media lectora dapat mengurangi kesulitan sebesar 93,6%.Simpulan dari penelitian ini didapat bahwa media pembelajaran AutoCAD 2D menggunakan lectora lebih mengurangi kesulitan belajar dibandingkan modul.

Metods of data collected used in this result is a questionnaire method, which is used to obtain the data of testing the validity of the media by the media expert , and the perception of the student participants AutoCAD 2D subjects to the media about the difficulties of learning. Techniques of data retrieval is done by spreading the perception questionnaire vocational students of class XII Architecture Engineering and Stone Concrete Construction Engineering.The results of this result found that the same perception Architecture Engineering students using the media module can reduce the difficulty of learning by 64.9%, using the media lectora by 91.9%, while the perception of students Stone Concrete Construction Engineering using media module can reduce the difficulty of 61.9% and lectora media can reduce difficulty of 93.6%. The conclusions of this result found that the use of instructional media AutoCAD 2D lectora further reduce learning difficulties than modules.

References

lamsyah, Rizlan.2013.Penggunaan Media Tutorial Interaktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian Eksperimen Di SMK Negeri 2 Garut Kelas XI Jurusan Teknik Gambar Bangunan Semester 1 Tahun Ajaran 2012/2013).Bandung: Perpustakaan UPI.

Aunurrahman.2010.Belajar dan Pembelajaran.Bandung :Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi.1993.Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A.2011.Media Pembelajaran.Jakarta:Rajawali Pers.

Bungin, Burhan.2001.Metodologi Penelitan Kualitatif.Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Santyasa, I Wayan. 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Singaraja : UPT Universitas Pendidikan Ganesha

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Section
Articles