Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan guru dan peserta didik, menghasilkan karakteristik, menghasilkan perangkat, mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran kompetensi teks anekdot. Langkah penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kompetensi teks anekdot tema konflik sosial di kalangan remaja dengan pendekatan CLIL dan model berbasis projek adalah reasearch and development (R & D) yang telah dimodifikasi dari yang dikemukakan Sugiono meliputi ; (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket kebutuhan, lembar uji validasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis menggunakanĀ  teknikĀ  deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Perangkat pembelajaran kompetensi teks anekdot tema konflik sosial di kalangan remaja dengan pendekatan CLIL dan model berbasis projek dinyatakan efektif.


Purpose of this research is to develop interactive teaching material competence of The theme of social conflict among adolescents is a theme that is suitable for middle school students (SMA / SMK). Hopefully, with the theme of social conflict among adolescents with model-based project, learners will be easier to produce anecdotal text using their own language. The method used is the reasearch and development (R & D) proposed by Sugiono, include; (1) Potential and Problems, (2) data collection, (3) Design Products, (4) Design Validation, (5) Revised Design, (6) Trial Products, (7) Revised Product. The data collection is done by observation, interviews, questionnaires requirements, test sheets validation, and documentation. The data obtained were collected and analyzed using qualitative and quantitative descriptive effective highschool.