Keefektifan Metode Eja dan Metode SAS Berdasarkan Minat Belajar dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan metode eja dan metode SAS berdasarkan minat belajar dalam pembelajaran keterampilan membaca menulis permulaan pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Keterampilan membaca menulis permulaan membutuhkan latihan siswa dalam membaca dan menyusun huruf, suku kata, kata, dan kalimat yang benar. Melalui latihan membaca menulis permulaan, siswa dapat membaca dan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan tepat. Tipe minat belajar yang berbeda juga perlu membutuhkan cara pengajaran yang berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan metode pembelajaran yang cocok. Metode pembelajaran yang dipilih adalah metode eja dan metode SAS.
The purpose of this study was to test the effectiveness of the method of spelling and methods SAS based interest in learning in learning skills read write commencement at class student 1 elementary school. Skills read write commencement requires of exercise students in read and compose letters, syllables, words, and sentences are correct. Through practicing read write commencement, students can read and write letters, syllables, words and a simple sentence correctly. Type of interest in learning the different also need to require the different way of teaching. Therefore, it needs a suitable learning methods. The learning method is selected is a method of spelling and methods of SAS.