Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain research and development. Dalam penelitian ini dilaksanakan kegiatan (1) tahap analisis, (2) tahap pengumpulan data, (3) penyusunan produk model inkuiri sosial, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji formatif, (7) penyempurnaan produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi (1) identifikasi kebutuhan pengembangan model inkuiri sosial pada pembelajaran keterampilan menulis puisi yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik kelas VIII SMP, (2)  prinsip-prinsip pengembangan model inkuiri sosial pada pembelajaran keterampilan menulis puisi yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik kelas VIII SMP (3) draf model inkuiri sosial, (4) deskripsi model inkuiri sosial pada pembelajaran keterampilan menulis puisi yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik kelas VIII  SMP. Berdasarkan hasil penelitian, guru dapat menggunakan model inkuiri sosial pada pembelajaran menulis puisi bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai alternatif penerapan model pembelajaran diantara sejumlah model yang telah ada dan biasa digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia