Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Group Investigation (GI) dan Jurisprudential Inquiry (JI) dalam pembelajaran membaca cerita anak pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Padang yang ditinjau dari motivasi belajar siswa, dan dengan memanfaatkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan factorial design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistik dan dengan menggunakan metode Analytical Hierarkhi Process (AHP) untuk mendukung keputusan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GI lebih efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cerita anak dibandingkan dengan model pembelajaran JI. Dengan menggunakan bobot yang sama untuk setiap kriteria pengambilan keputusan, dapat diketahui bahwa model pembelajaran GI efektif diterapkan pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi ataupun rendah, sedangkan model pembelajaran JI efektif jika diterapkan pada siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Dari hasil penelitian, juga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap keterampilan membaca cerita anak pada siswa. Hal ini berarti bahwa dalam melaksanakan pembelajaran membaca cerita anak, guru harus menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat motivasi belajar siswa.

This research is aimed to find out the effectiveness of the use learning’s model of Group Investigation (GI) and Jurisprudential Inquiry (JI) in learning reading children’s stories of class VII students of SMP Negeri 14 Padang that viewed from student’s motivation, and by utilizing Decision Support System (DSS). The type of this research was quantitative with factorial design. The samples used in this research consist of 68 students  which is taken by using cluster random sampling technique. Data of the research are scores in motivation to learn and scores in reading skill of children stories that come from both sample class. Data was obtained by questionnaire and test. Data were analyzed using statistical methods and by using Analytical Hierarchy Process (AHP) method to support decision. Based on the results of the study it can be concluded that the GI learning model is more effectively used in learning to read children's stories compared with JI learning model. By using the same weight for each decision-making criteria, it can be seen that the GI learning model is effectively applied to students who have high or low learning motivation, whereas JI learning model is effective if applied to students who have low learning motivation. From the results of the study, it is also concluded that there is an interaction effect between the learning model and the students 'learning motivation to the students' reading skills. This means that in carrying out learning to read children's stories, teachers must apply learning models in accordance with the level of student learning motivation.