Arbarini, M., & Subyantoro, S. (2017). Model of Multiliteracy Education Based on Participatory Rural Appraisal (PRA) for the Rural Society to Increase Independence. Artikel. Atlantis Press. 88 ( 3rd Nfe 2016) : 68–73. https://doi.org/10.2991/nfe-16.2017.17
Arifiyanto, F., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2020). The Realizations and Functions of Figurative Speeches in Novels Written by Prasetyo Utomo. Artikel. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2) : 184–191. https://doi.org/10.15294/seloka.v9i2.40442
Badrun, Ahmad. 1989. Teori Puisi. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenega Kependidikan Jakarta.
Febriani, M., Setyaningsih, N. H., Yuniawan, T., & Alfatimi, N.A. (2021). Penguatan Kompetensi Literasi Sebagai Proteksi Sebaran Hoaks melalui Pelatihan Debat dengan Metode Simulasi bagi Santri PPTQM Luqman Al Hakim Putri. Artikel. Varia Humanika, 2 (1) :73–78. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/vh/article/view/42718
Hasanah, M. (2013). Model Cerita Fiksi Kontemporer Anak-Anak Untuk Pengembangan Kemahirwacanaan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Artikel. Litera, 11(1) : 73 - 78. https://doi.org/10.21831/ltr.v11i1.1150
Ismayani, M. (2013). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Artikel. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2) : 67–86.
Kholifasari, R., Utami, C., & Mariyam, M. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Artikel. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.1057
Kriswantara, G., & Perdana, I. (2021). Bahan Ajar Digital Membaca Teks Cerita Rakyat Kalimantan Tengah Bermuatan Pendidikan Karakter dan Literasi Kritis ( Digital Teaching Materials of Reading Central Kalimantan Folkore Text Containing Character Education and Critical Literacy ). Artikel. Sawerigading 27(2): 191 - 204
Marlina, D. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Mahasiswa PGSD Semester I Tahun Akademik 2019/2020. Artikel. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4(1) : 9–18.
Mubaroq, A. K., & Subyantoro, S. (2017). Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Kreatif-Produktif pada Peserta Didik SMA Berdasarkan Tipe Pemerolehan Informasi. Artikel. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 53–58.
Muslim, T., & Doyin, M. (2021). Structure And Meaning Of The Dugale Asu Maring Menungsa Tegalan Dialect Poetry By Atmo Tan Sidik. Artikel. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10(2), 131–138.
Nurfaidah, R. (2017). Konsep Literasi Dalam Telaah SIBI 2016: Sebuah Kajian Interteks Tahap Awal. Artikel. Semantik 6(1) : 37–45. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1.p37-45
Nurgiyantoro, Burhan.(2009). Penilaian Pengajaran Bahasa.Yogyakarta : BPFE
Prasetyo, Andayani, & Mujiyanto, Y. (2017). Dari Mimpi Karya Fahd Djibran serta Implementasinya di Sekolah Menengah Kejuruan. Artikel. Basastra, 5(1) : 200–213.
Pradopo, Rachmat Djoko. 1993. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak dan Remaja. Artikel. Semantik, 6(1) : 11 - 24 https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1p11.250
Pujianto, A., Nuryatin, A., & Subyantoro. (2015). Keefektifan Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen dengan Model Investigasi Kelompok dan Model STAD Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas VII. Artikel. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2) : 131–139.
Sayuti, Suminto A. 1985. Puisi dan Pengajarannya. Semarang: IKIP Semarang Prees.
Supriyanto, Teguh. (2014).Kajian Stilistika dalam Prosa. Elmatera Publishing: Yogyakarta.
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Artikel. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2) : 154 -163. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Syaifudin, A., & Rokhman, F. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Literasi Baru pada Era Disrupsi bagi Guru SMP di Kota Semarang. Artikel. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, 8(4) : 1–7.
Syarifa, L. L., Subyantoro, & Nuryatin, A. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Teknik Memproduksi Teks Cerita Ulang yang Bermuatan Kearifan Lokal bagi Peserta Didik Kelas XI SMA. Artikel. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2) : 102–110.
Waluyo, Herman J.1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta : Erlangga.
Widiati, U., Wulyani, A. N., El Khoiri, N., Hanifiyah, L., Nindya, M. A., & Sharif, T. I. S. T. (2021). English Teachers’ Conceptualization of Foreign Language Literacy in Relation To Indonesia’s Gerakan Literasi Sekolah (School Literacy Initiative). Artikel. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 11(1) : 233–244. https://doi.org/10.17509/ijal.v11i1.34586
Wijaya, R. K. A., Sumarlam, & Djatmika. (2021). Trilogi Novel Glonggong Karya Junaedi Setiyono ( Figurative Language as a representation of Locality in the Glonggong Novel Trilogy by Junaedi Setiyono ).Artikel. Sawerigading, 27 (1) : 19 - 29
Yuniawan, T., Zulaeha, I., & Febriani, M. (2018). Peningkatan Literasi Ekoleksikon Konservasi melalui Membaca Intensif bagi Mahasiswa Unnes. Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 330–332.