Abstract

Buku ajar selain memiliki peran penting dalam pembelajaran untuk peserta didik, juga mempunyai peran penting untuk guru. Oleh karena itu, buku pengayaan semacam ini perlu dikembangkan dalam berbagai materi pembelajaran bahasa Indonesia, bahkan materi pembelajaran yang lainnya, sehingga peserta didik mampu menikmati pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan buku pengayaan menulis teks penjelasan bermuatan nilai budaya lokal, (2) mengembangkan buku pengayaan menulis teks penjelasan bermuatan nilai budaya lokal, dan (3) menguji keefektifan buku pengayaan menulis teks penjelasan bermuatan nilai budaya lokal. Hasil penelitian berupa: (1) kebutuhan pengembangan buku pengayaan menurut persepsi guru dan peserta didik, (2) prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan, dan (3) hasil keefektifan produk pengembangan secara terbatas.

 

Beside having an important role in learning to students, textbooks also have an important role for the teachers. Therefore, the textbook has an important role in the learning activities , which determine the quality of learning . Meanwhile , the sublime cultural heritage will gradually dissipated by foreign cultures transformed by electronic media . Hopefully, by the role of education in the cultivation of insight charged local knowledge , students will have a broader knowledge about the surrounding environment and avoid the alienation of the environment . Based on these descriptions, it can be a that enrichment write a text book explanation of local cultural content for the fifth grade elementary school students is needed .