Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menentukan (1) keefektifan penggunaan model Time Token dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan bagi peserta didik SMP Kelas VIII, (2) keefektifan penggunaan model Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan bagi peserta didik SMP Kelas VIII, (3) keefektifan interaksi Time Token dan Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara berdasarkan kecemasan peserta didik SMP Kelas VIII. Desain penelitian ini adalah quasi experiment kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah kemampuan berbicara peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Songgom dan SMP Negeri 03 Songgom. Hasil penelitian ini adalah (1) Time Token lebih efektif digunakan untuk pembelajaran berbicara bagi peserta didik yang memiliki jenis kecemasan Advoidance; (2) Talking Stick lebih efektif digunakan untuk pembelajaran berbicara bagi peserta didik yang memiliki jenis kecemasan Perfectionis; (3) Time Token lebih efektif dari pada Talking Stick dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan jenis kecemasan peserta didik.

 

The purpose of this research is knowing problem (1) effectivines og the use of Time Token of learning speaking skill based on anxiety of Junior High School student of class VIII; (2) effectivines og the use of Talking Stick of learning speaking skill based on anxiety of Junior High School student of class VIII; (3) effectiveness  of interaction Time Token and Talking Stick in the speaking skills based on learning anxiety of Junior High School student of class VIII. The research study is designed in quasi experiment group and control group design, using matched subjects. The sample of this research is the ability to talk the students of class VIII SMP Negeri 01 Songgom and SMP Negeri 03 Songgom. A results of this research (1) the Time Token is used for learning more effectively   speakfor learners whohaveanxiety Advoidancce; (2) the Talking Stick used for learning more effectively speak for the learners who have the kind of anxiety Perfectionis; (3) Time Token is more effective than Talking Stick in learning skills with this type of anxiety of learners in learning speaking skills.