Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan model pembelajaran menulis resensi yang da-pat memberi kesempatan peserta didik memahami keragaman budaya. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kebutuhan pengembangan model, bagaimanakah karakteristik model, bagaimanakah model STAD Bhineka, dan bagaimanakah keefektifan model STAD Bhineka.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kebutuhan pengembangan model, mengidentifikasi karakteristik model, menyusun model STAD Bhineka, dan menentukan keefektifan model STAD Bhineka. Penelitian ini dilakukan melalui tahap pendahuluan dan pengembangan. Sumber data penelitian ini adalah peserta MGMP Bahasa Indonesia, peserta didik SMA 1 Kajen dan Kedungwuni Tahun Pelajaran 2011/2012, serta ahli model. Data di-kumpulkan melalui teknik angket, tes, jurnal, dan pengamatan serta dianalisis secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu model STAD Bhineka dengan langkah-langkah membangun tim bhineka, eksplorasi tim (pelaporan hasil membaca kepada tim dan perumusan draf resensi secara kelompok), aktivitas mandiri, presentasi hasil, revisi, validasi, penghargaan, dan publikasi. Model ini dilengkapi silabus, RPP, materi pembelajaran, dan instrumen penilaian. Setelah model diuji ahli, dilakukan revisi dan uji coba. Hasil uji coba terbatas diperoleh nilai di atas KKM. Dari penilaian proses diketahui peserta didik senang mengikuti pembelajaran menulis resensi. Dalam penggunaan model ini perlu diperhatikan pengaturan alokasi waktu.

 

This research background is by model the need learning writes resensi that can give participant chance teaching to understand culture diversity. A problem in this research are how of development model, how characteristic model, how STAD Bhineka model, and how effectiveness STAD Bhineka model. The purposes of this research are to identify model, to identify characteristic model, to result STAD Bhineka model, and (4) to determine effectiveness STAD Bhineka model. This research was done become two pha-ses introduction and developing phase. Research of data from members MGMP, student of XI SMA 1 Kajen and Kedungwuni Tahun Pelajaran 201/2012, and model study specialist. Data analysis tecnique used quetioners, test, journal, and observation. Analysis data used qualitative and quantitative descrip-tive. Result of analysis and developing this research are products concrete this research and developing are STAD Bhineka model with sintaxmatic build diversity teams, team explorations (reporting usufructs to read to team and resensi’s draft formulation clically), independent activities, presentation usufructs, revisions, validate, appreciations, and publications. Model guide developing learning are syllabus,  lear-ning programme, materiel, and evaluation education. After model being tested pro, done by revision and test-driving. Usufruct circumscribed test-driving to be gotten point upon KKM. Of process estimationknown by leisured educative participant follows learning to write resensi. In this model purpose needs to be noticed by time allocation arrangement.