Abstract

Kemampuan bercerita peserta didik masih monokultural dan belum multikultural. Oleh ka-rena itu, dalam penelitian ini dikembangkan model opera dalam pembelajaran bercerita den-gan mengutamakan pendidikan karakter dalam konteks multikultural. Masalah penelitian ini (1) bagaimana kebutuhan, karakteristik, desain model, dan keberterimaan model opera. Pe-nelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebutuhan pembelajaran, karakteristik model, desain model opera, dan keberterimaan model opera. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Research and Development (R & D) dengan alat pengumpulan data adalah lembar kuesioner, pedoman wawancara, dan observasi pada analisis kebutuhan. Data yang dikumpulkan diana-lisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh sepuluh prinsip pembelajaran yang menjadi karakteristik model. Produk penelitian ini adalah model opera yang dilengkapi dengan perangkat model dalam penerapannya. Ke-berterimaan model diketahui dari hasil uji validasi ahli dan masukan pengguna model. Hasil uji coba tersebut menunjukkan hasil skor peserta didik yang dapat mencapai ketuntasan. Pe-serta didik semakin memahami nilai-nilai karakter. Saran dalam penelitian ini adalah produk model dapat digunakan lebih lanjut oleh pengguna model pada kondisi lingkungan yang mul-tikultural.

 

The story telling skills of high school students is still based on monocultural approach and it has not been based on multicultural approach yet. Therefore, this research develops Opera model in learning process of story telling with emphasizing on the character values education based on multicultural context. The research problems concern with the need, the characteristic, the design, and the acceptableness of the opera model. The research approach is Research and Development (R&D). The methods of collecting data are questionnaire, interview guidelines, and observation. To analyze the data, it uses qualitative descriptive and quantitave descriptive technique. Based on the need analysis, there are ten learning principlesob-tained from the research which become the model characteristics. The product of this research is opera model that is equipped with a set of model equipment in its implementation. The acceptableness of the model is known from the experts validation test and the input from the users. The result of this trial model is the students are able to rearch the limited score. The students have more comprehension about character values. The suggestion of this research is that the model product of this research can be used further by other model users in multicultural context.