Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan dengan metode pembelajaran menabung kata dan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan dengan metode pembelajaran selusur (V-A-K-T). Hasil penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan siswa dalam menulis permulaan setelah mendapatkan pembelajaran dengan per-lakuan metode menabung kata dan metode selusur (V-A-K-T). Ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen 1 dengan kelompok eksperimen 2. Perbedaan ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,014 dengan tingkat signifikansi di kelompok eksperimen 1, yaitu metode menabung kata. Didapat nilai rata-rata 87,86 dengan standar deviasi 10,71 apabila dibandingkan dengan kelompok eksperimen 2 dengan nilai rata-rata 79,82 dengan standar de-viasi 9,46 yaitu metode selusur(V-A-K-T). Metode pembelajaran menabung kata lebih efektif dibandingkan dengan metode selusur(V-A-K-T) dalam pembelajaran menulis permulaan di sekolah dasar. Metode menabung kata lebih efektif dalam pembelajaran menulis permulaan di sekolah dasar. Dengan demikian, penelitian ini menarik dikembangkan lebih lanjut un-tuk lingkup sekolah dasar yang lebih luas, sehingga keefektifan metode menabung kata akan membawa dampak positif bagi pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya dan menulis permulaan pada khususnya.

 

This study uses an experimental research. The first experimental group is treated by saving word method and the second one is treated by rail (V-A-K-T) method. The research instruments were test item of early writing exercises and the students’ writing assessment as a data source. This study used quasi-experimen-tal design (pretest-posttest control group design). Two experimental groups are chosen in this design, then both given the pretest to determine the initial state, is there a difference between the first experimental groups and the second ones. The results of this study are raise of students’ skill in early writingexercises after being treated by saving word method and by rail (V-A-K-T) method. There were significant differ-ences between the experimental group 1 and group 2. This difference was shown by the level of significance of 0,014 with the obstained significance of experimental group 1, saving word method, gained mean 87,86 with deviation standard 10,71. If compared to group 2 with mean 79,82 with deviation standard 9,46; rail (V-A-K-T) method. The saving word method is more effective than rail (V-A-K-T) method in early writing exercises in elementary school. The saving word method is more effective in early writing exercises in elementary school. Thus, this study is attracted to develop further to the scope of thelarger primary schools, so that the effectiveness of saving word method will bring a positive impact on learning Bahasa Indonesia in general and early writing exercises in particular.