Abstract

Karyawan yang mempunyai sikap dan perilaku menguntungkan bagi organisasi tidak bisa ditumbuhkan melalui basis kewajiban peran formal saja, melainkan perilaku tambahan di luar kewajiban formalnya yang dapat mendukung kepentingan organisasi. Fenomena yang melatarbelakangi faktor organizational citizenship behavior yang ditemukan di budaya barat. Sementara itu budaya mempengaruhi pemahaman dan pola perilaku individu didalamnya. Lebih khusus mengenai faktor-faktor organizational citizenship behavior pada karyawan Jawa menganut budaya yang berbeda dengan budaya barat. Budaya Jawa penekanannya pada kerangka kerja bersifat sosial yang kuat, sedangkan budaya barat cenderung individualistik yang penekanannya pada kerangka kerja yang bersifat sosial sangat rendah. Jenis penelitian ini menggunakan mixed method, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif, peneliti menggunakan studi indigenous dengan model sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik snow ball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan open-ended questionnaire dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologi indigenous. Responden berjumlah 700 dengan karakteristik karyawan bersuku Jawa yang berasal dari berbagai provinsi di pulau Jawa. Temuan lapangan mengungkap sikap ketika melihat teman kerja mengalami kesulitan didominasi dengan cara menolong, membantu dan kerjasama, faktor yang mendorong untuk menolong antara lain rasa empati dan keinginan untuk menolong, agar pekerjaan cepat selesai, berbagi ilmu dan pengalaman, membina keharmonisan hubungan dengan orang lain, menolong karena faktor kepribadian orang yang ditolong, ibadah. Faktor yang mendorong tidak untuk menolong antara lain faktor kepribadian yang akan ditolong, tidak menguasai pekerjaan, kesibukan, beda bagian, tidak ada keinginan untuk menolong, hubungan sosial yang kurang baik. Faktor menerima kritikan antara lain kritikan yang membangun, disampaikan dengan baik, kepribadian pemberi kritik, membina hubungan baik dengan pengkritik. Faktor tidak menerima kritikan antara lain kritikan tidak benar, kepribadian, cara penyampaian, beda pekerjaan, beda prinsip. Faktor kesediaan kerja lembur antara lain materi, kewajiban, pekerjaan belum selesai, loyalitas, mengisi waktu luang. Faktor ketidaksediaan kerja lembur antara lain keterbatasan fisik, tidak ada pekerjaan, tidak ada uang lembur, keluarga.

 

 

Employees who have attitudes and behaviors favorable to the organization can not be cultivated through formal role obligations alone basis, but additional behavior beyond the formal obligations to support the interests of the organization. Factors underlying the phenomenon of organizational citizenship behavior are found in the western culture. While the culture of understanding and influencing individual behavior patterns therein. More specifically about the factors on organizational citizenship behavior of employees of different cultures embracing Java with western culture. Javanese culture is the emphasis on the social framework is strong, while the western culture tends individualistic emphasis on the social framework that is extremely low. This research uses a mixed method , ie qualitative and quantitative approach, researchers use to study indigenous model of sampling in this study using a snowball sampling technique. Data collection technique using an open -ended questionnaire were analyzed using indigenous psychology approach . Respondents totaled 700 employees with the characteristics of Java tribes originating from various provinces on the island of Java. Field findings reveal an attitude when I saw a friend having trouble working predominantly with how to help, assist and cooperation, the factors that drive to help, among others, a sense of empathy and desire to help, to get the job done quickly, to share knowledge and experiences, fostering harmonious relationships with others, help because of the personality of the person being helped, worship. Factors that encourage others not to help the personality factors that will be helped, not mastered the work, busyness, different parts, there is no desire for help, poor social relationships. Factors among others, to accept criticism constructive criticism, delivered well, criticism giver personality, building a good relationship with critic. Factors not accept criticism among other criticisms are not true, personality, way of delivery, different jobs, different principles. Willingness to work overtime factors among others, material, obligations, unfinished work , loyalty, spend leisure time. Unwillingness to work overtime factors among others, physical limitations, no job, no overtime pay, family.