Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelitian dalam Psikologi modern banyak dilakukan dalam perspektif budaya barat yang biasanya diadopsi langsung oleh peneliti, tanpa melihat faktor budaya yang sangat khas antara satu dengan lainnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan studi indigeneous yaitu, pendekatan menekankan pada studi terhadap perilaku dan cara berpikir seseorang dalam konteks budayanya. Penelitian ini memakai alat pengumpul data open-ended questionnaire dengan menerapkan metode analisis data melalui preliminary coding (kualitatif), kategorisasi, aksial coding dan cross-tabulation (kuantitatif). Responden penelitian merupakan guru yang bersuku Jawa di Jawa Tengah dengan jumlah responden berjumlah 487 orang. Temuan yang didapatkan di penelitian ini adalah Guru bersuku Jawa mempunyai tingkat self efficacy yang tinggi, yang ditandai dengan keyakinan yang tinggi dalam kemampuan menyelesaikan tugas.. Guru bersuku Jawa mempunyai delapan faktor yang mempengaruhi self efficacy yaitu, (1) dukungan sosial, (2) motivasi, (3) tersedianya sarana dan prasarana,  (4) kesehatan fisik, (5) kompetensi, (6) niat, (7) disiplin dan bertanggung jawab serta  (8) rasa syukur kepada Tuhan. Temuan komponen self efficacy penelitian ini didapatkan, Komponen Pengharapan hasil (outcome expectacy) dalam penelitian ini adalah bermanfaat untuk siswa, menjadi guru profesional, meningkatkan kesejahteraan, mendapatkan kepuasan dan kenyamanan hidup, mendapatkan motivasi dari pihak lain dan menjadikan lading ibadah.  Komponen nilai hasil (outcome value) dalam penelitian ini ada empat, yaitu: ketika pekerjaannya bermakna untuk orang lain, yang kedua adalah bekerja dengan ikhlas,  ketiga adalah sesuai dengan tujuan hidup, dan keempat adalah ketika pekerjaannya dihargai oleh orang lain.

 

This research is motivated by research in modern psychology is mostly done in the western cultural perspective usually adopted directly by researchers, regardless of the cultural factors that are very distinctive from one another. This research approach that uses indigenous studies, the approach emphasizes the study of behavior and thinking in the context of one's culture. This study used data collection tool open-ended questionnaire by applying methods of data analysis through a preliminary coding (qualitative), categorization, axial coding and cross-tabulation (quantitative). Survey respondents are teachers who have tribes in Central Java Java by the number of respondents totaled 487 people. The findings obtained in this study is a Java Teachers tribes have a high level of self-efficacy, which is characterized by high confidence in the ability to complete the task. Java Teachers tribes has eight factors that affect self-efficacy, (1) social support, (2) motivation, (3) the availability of infrastructure, (4) physical health, (5) competence, (6) intentions, (7) disciplined and responsible and (8) thankfulness to God. The findings of the research component of self-efficacy is obtained, Component Hope results (outcomes expectacy) in this study is useful for students, be professional teachers, improving the welfare, get the satisfaction and comfort of living, get motivation from others and makes lading worship. Component values ​​result (outcome value) in this study there are four, namely: when the work meaningful for other people, the second is to work with sincerity, the third is in accordance with the purpose of life, and the fourth is when his work appreciated by others.