Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena mengenai semakin menurunnya top brand index sabun mandi Shinzu’i selama empat tahun berturut-turut, dari tahun 2009-2012. Penurunan index mengindikasikan semakin menurunnya tingkat konsumsi masyarakat terhadap sabun tersebut. Gejala menurunnya tingkat konsumsi masyarakat menunjukkan bahwa keinginan mencari variasi merek (variety seeking) tinggi yang diperkirakan karena brand loyalty semakin menurun. Hal ini disebabkan karena konsumen yang memiliki loyalitas terhadap Shinzu’i semakin menurun menimbulkan kebosanan sehingga konsumen melakukan pencarian variasi sabun mandi merek lain (variety seeking). Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand loyalty terhadap variety seeking pada mahasiswa yang pernah menggunakan sabun mandi Shinzu’i. Subjek penelitian ini sejumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Variety seeking diukur dengan menggunakan skala variety seeking. Skala variety seeking terdiri dari 58 item valid dari 68 item keseluruhan. Item yang valid tersebut memiliki p<0,05 dengan rentang signifikansi 0,000-0,010. Skala variety seeking mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,922. Brand loyalty diukur dengan skala brand loyalty. Skala brand loyalty terdiri dari 53 item valid dari 58 item keseluruhan. Item yang valid tersebut mempunyai p< 0,05 dengan rentang signifikansi 0,000-0,001. Skala brand loyalty mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,924. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel variety seeking tergolong sedang menuju rendah. Variabel brand loyalty tergolong sedang menuju tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif variabel brand loyalty terhadap variety seeking dengan koefisien r = -0,536 dan signifikansi atau p = 0,000. Dari hasil penelitian menunjukkan pengaruh brand loyalty terhadap variety seeking sebesar 28,7%. Simpulannya yaitu ada pengaruh negatif brand loyalty terhadap variety seeking pada mahasiswa yang pernah menggunakan sabun mandi Shinzu’i.

 

___________________________________________________________________

The background of the study come from the declining top brand index of Shinzu’i soap for four years, start from 2009 to 2012. The declining index shows that the number of people using the soap start to falling. This fenomenon happen when the variety seeking come up with the falling brand loyalty. It is caused by the loyal consumer start to seek another variety in another brand soap. This research is correlational qualitative in which to know the influence of brand loyalty toward variety seeking to the students who ever use Shinzu’i soap. The subject of study is the students around 100 people. The sampling used is accidental sampling. Variety seeking is measured by using variety seeking skale . variety seeking consist of 58 valid items of 68. The valid items have p<0,05 with the significancy between 0,000-0,010. The brand loyalty skale has coefficient reability around 0,924. The data analysis use regression analysis with SPSS 17,0 for windows program. Result of the research shows that the variable of variety seeking is decrease. Then the variable of brand loyalty is increase. And the result shows that there is negative effect of brand loyalty variable toward variety seeking with coefficient r = -0,536 and the significancy or p = 0.000. from the result of the research, it shows the influence of brand loyalty to variety seeking toward students who ever use Shinzu’i soap.