Pola Sosialisasi Anak Pada Keluarga Wanita Pekerja Seksual Di Lokalisasi Gambilangu
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pola sosialisasi anak yang diterapkan pada keluarga Wanita Pekerja Seksual di Lokalisasi Gambilangu. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui harapan dan keinginan orangtua (WPS) terhadap masa depan anak, mengetahui pendidikan anak yang diterapkan pada keluarga WPS, dan peran orang-orang sekitar dalam proses sosialisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Fenomena dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori sosialisasi George Herbert Mead. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orangtua yang berprofesi sebagai WPS di Lokalisasi Gambilangu mempunyai harapan dan keinginan terhadap masa depan anak, yaitu anak memiliki pendidikan formal yang baik, memiliki pengetahuan agama, dan tidak memiliki pengalaman yang sama seperti orangtua, keluarga WPS mendidik anak dengan menerapkan konsep Sosialisasi Herbert Mead yang termasuk dalam pola demokratis dan otoriter dan peran para tetangga dalam proses sosialisasi ada yang peduli menegur anak ketika melakukan salah dan juga ada yang tidak peduli ketika ada anak yang bermain di sekitar mereka. serta peran jasa pengasuhan anak berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan anak di lingkungan Lokalisasi.
This research explained about the child socialization patterns that are applied to the family of Sexual Workers in Gambilangu Localization. The purpose of this study is to find out the expectations and desires of parents (WPS) towards the future of the child, to know the children's education that is applied to the WPS family, and the role of the surrounding people in the socialization process. This study uses a qualitative method. The phenomenon in this study was analyzed using George Herbert Mead's socialization theory. The results of this study indicate that parents who work as WPS in Localization Gambilangu have hopes and desires for the future of children, namely children have good formal education, have religious knowledge, and do not have the same experience as parents, WPS families educate children by applying the concept Herbert Mead's socialization included in a democratic and authoritarian pattern and the role of neighbors in the socialization process there were those who cared about rebuking the child when doing wrong and there were also those who did not care when children played around them. and the role of childcare services influences children's behavior and development in the Localization environment.