Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Penuntun Perkembangan Kemandirian Siswa Di SMA Muhammadiyah Wonosobo
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan pendidikan kewirausahaan di SMA Muhammadiyah Wonosobo yang telah ditunjuk sebagai SMA Kewirausahaan oleh KEMENDIKBUD. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan kewirausahaan dan untuk mengetahui bagaimana strategi sekolah dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Fenomena dalam penelitian ini dianalisis menggunakan dua teori yaitu teori habitus dan teori tindakan Max Weber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Muhammadiyah Wonosobo penerapannya secara intra dan ekstra sebagai program SMA Kewirausahaaan, sekolah telah menerapkan strategi dalam mendukung program tersebut, sayangnya beberapa strategi yang telah diterapkan mulai menurun perannya.