Model Pengelolaan Pendidikan dan Bentuk Layanan Taman Penitipan Anak Islam Terpadu (TPAIT) Abu Bakar Ash Shidiq Juwana dalam Menggantikan Peran Keluarga
Abstract
Di era globalisasi, peran masyarakat telah dituntut secara aktif tanpa memandang perbedaan status dengan ciri adanya pemerataan kesempatan untuk bekerja termasuk generasi muda dan perempuan. Hal tersebut berdampak pada peran yang dimiliki seorang ibu yang memiliki anak usia balita. Oleh karena itu taman penitipan anak saat ini dapat dijadikan salah satu tempat alternatif bagi kedua orang tua yang sibuk bekerja dalam urusan pengasuhan, perawatan, dan pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui pengelolaan pendidikan, (2) Mengetahui bentuk layanan, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penhambat pengasuhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menjukkan bahwa: (1) pengelolaan pendidikan dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, (2) bentuk layanan meliputi layanan pengasuhan, pendidikan, dan kesehatan, (3) faktor pendukung yaitu letak TPA strategis, biaya terjangkau, hubungan komunikasi yang baik, sedangkan faktor penghambatnya kurangnya tenaga pengasuh dan fasilitas kulkas.