Pola Interaksi Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Ulul Albab Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes
Abstract
PKBM Ulul Albab Kecamatan Sirampog menerapkan program pendidikan kesetaraan paket C. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, tidak sesuai dengan peraturan pemerintah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) bentuk interaksi sosial warga belajar 2) perilaku sosioemosional warga belajar 3) perilaku tugas warga belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan 1) bentuk interaksi sosial warga belajar pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Ulul Albab terdiri dari warga belajar dengan warga belajar, warga belajar dengan tutor, warga belajar dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. 2) perilaku sosioemosional warga belajar saling menunjukkan solidaritas kelompok, dramatisasi dan respon kesepakatan. 3) perilaku tugas warga belajar saling memberi dan meminta informasi. Saran bagi warga belajar harus meningkatkan kehadiran di kelas, meningkatkan interaksi khususnya aktif memberikan pendapat pada saat pembelajaran, tutor harus menerapkan metode pembelajaran diskusi, dan pengurus menerapkan program penangguhan raport dan ijazah bagi warga belajar yang sering absen mengikuti kegiatan pembelajaran.