STRATEGI SOSIAL EKONOMI DAN EKSISTENSI USAHA PEDAGANG PASAR TIBAN DI KECAMATAN BATANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pedagang Pasar Tiban dalam memperoleh pelanggan dan mengelola keuangan hasil berdagang guna mempertahankan kelangsungan usahanya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakn observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas sosial ekonomi dapat dilihat melalui hubungan sosial antar pedagang Pasar Tiban. Hambatan yang dihadapi pedagang adalah sarana prasana sederhana dan kegiatan berdagang bergantung terhadap cuaca. Strategi sosial ekonomi pedagang Pasar Tiban untuk mempertahankan kelangsungan usahanya adalah dengan cara menjemput konsumen dengan lokasi pengadaan Pasar Tiban yang berdekatan dengan rumah warga serta pedagang menawarkan harga murah kepada konsumen agar barang dagangan terjual habis dan menjadi pilihan utama konsumen. Keuangan hasil berdagang dikelola secara cermat agar tetap mendapatkan keuntungan untuk modal berdagang selanjutnya
The research is aimed to discuss Tiban market traders’ strategies in achieving customers and managing the financial result of trade in order to maintain their business continuity. The menthod used in this this research was qualitative research method. Location of this research is Batang subdistrict-Batang regency. The data was collected by observation, interview, and documentation technique. The validity of data in this research was using triangulation technique. The data analysis technique in this research were included collecting data, reducing data, presenting data, and verification. The result of research showed that socio-economic activities can be seen by traiders’ social relationship. The obstruction of trading activities were simple tools and depends on the weather. Tiban market traders’ socio-economic strategies to maintain their business continuity is picking up the cunsumers where procurement of location Tiban market is closed by home resident, and also the treaders offer low prices to consumers so that merchandise can be sold out and become the first choice of consumers. Financial results of trade is managed carefully in order to the trader remains the capital gain for the next trade
References
Arsal, Thriwaty. 2010. Sektor Informal: Alternatif Peluang Kerja Bagi Masyarakat Miskin di Perkotaan. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
Damsar. 2002. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Haryanto, Sindung. 2011. Sosiologi Ekonomi. Yogyakarta: Ar-ruz Media
Purwanto. 2007. Sosiologi untuk Pemula Yogyakarta: Media Wacana
Ritzer, George dan Douglas J. Goodman. 2011. Teori Sosiologi-Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Modern. Yogyakarta: Kreasi Wacana