Strategi Adaptasi Siswa-siswi Mimika sebagai Keberhasilan Pendidikan Di SMA Santo Michael Semarang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah :1) Mengetahui strategi adaptasi siswa Mimika di SMA Santo Michael Semarang,2) Mengetahui faktor pendorong dan penghambat proses adaptasi siswa Mimika di SMA Santo Michael Semarang. Metode penelitian ini adalah kualitatif konseptual dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian berada di SMA Santo Michael Semarang yang merupakan salah-satu lembaga pendidikan yang menjadi tempat studinya siswa-siswi Mimika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1)Strategi adaptasi siswa Mimika di SMA Santo Michael Semarang antara lain menyesuaikan diri dengan peraturan sekolah, asrama, serta aktif melibatkan diri dalam setiap kegiatan sekolah dan asrama, 2) Faktor pendorong siswa Mimika adalah kesempatan mendapatkan beasiswa serta fasilitas sekolah yang cukup memadai, sedangkan faktor penghambatnya adalah media pembelajaran baru yang dianggap menghambat aktivitas belajar siswa Mimika.