Bentuk Kegiatan “Ruang Kreatif Spasi” Mewujudkan Pendidikan Karakter Berbasis Kreativitas pada Anak dan Pemuda di Kota Tegal

  • Nur Suci Indiyani
  • Moh. Yasir Alimi

Abstract

Pendidikan karakter diantaranya bertujuan untuk mengurangi perilaku destruktif anak, remaja, dan orang dewasa. Hal ini merespon pada peningkatan berbagai perilaku destruktif berkaitan dengan kurangnya keteladanan yang menyebabkan perilaku menyimpang pada anak dan pemuda. Oleh karena itu, pembangunan karakter sebaiknya dilaksanakan secara lebih terarah dan berkesinambungan, tidak hanya dari lingkungan keluarga dan sekolah formal, lingkungan masyarakat dalam wujud organisasi sosial juga turut andil dalam pemberntukan karakter. Ruang Kreatif Spasi hadir untuk melengkapi usaha mewujudkan pendidikan karakter pada anak dan pemuda di Kota Tegal yang berbasis kreativitas. Penelitian ini berusaha mengidentifikasi berbagai bentuk kegiatan kreatif yang diterapkan oleh Spasi dari sudut pandang sosiologis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk kegiatan Spasi dalam mewujudkan pendidikan karakter berbasis kreativitas pada anak dan pemuda di Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ruang Kreatif Spasi menerapkan berbagai bentuk kegiatan kreatif, seperti Kelas Akting, Tegal Children’s Festival (TCF), mengajak cinta pada khasanah budaya bangsa, membuat film edukasi, kegiatan pembelajaran yang menekankan soft skill dan imajinasi, serta sinergi antarinstitusi. Simpulan penelitian ini yaitu berbagai bentuk kegiatan yang diterapkan Spasi dapat melatih olah pikir berupa kreativitas yang didalamnya terkandung nilai-nilai karakter, seperti keberanian berekspresi, peduli, mengambil keputusan, bekerja sama, serta mengetahui kemampuan dan kelemahan diri.

Published
2021-11-20
Section
Articles