Rasionalisasi Praktik Pendidikan Pribumi Sedulur Sikep Sukolilo Pati
Abstract
Pendidikan pribumi menjadi strategi yang penting dalam mempertahankan kearian lokal pada masyarakat Sedulur Sikep Sukolilo Pati. Selain itu, pendidikan pribumi menjadi rule of life yang tersirat dalam ajaran Kesedulursikepan sebagai pedoman hidup. Uniknya, di tengah animo masyarakat yang menyekolahkan generasinya di pendidikan formal untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Namun sebaliknya, Sedulur Sikep Sukolilo malah memperkuat sikap resisten pada pendidikan formal dan memilih untuk membumikan pendidikan lokal. Tulisan ini bertujuan untuk menemukan rasionalisasi Sedulur Sikep melakukan pendidikan pribumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif varian etnografi yang dikerangkai menggunakan Konsep Pedagogi Kritis Henry Giroux. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasionalisasi Sedulur Sikep melakukan pendidikan pribumi didasari karena adanya ajaran mengenai pendidikan dan politik identitas kultural. Hal tersebut digunakan untuk menciptakan kesadaran kritis dalam mengorganisasikan perjuangan sosial dan mepertahankan identitas kultural sebagai karakter budaya Sedulur Sikep. Sebab, karakter budaya lokal Sedulur Sikep merupakan nilai-nilai filosofis yang selalu dipertahankan di era global. Melalui tulisan ini akan lahir narasi baru mengenai gagasan pendidikan lokal yang jarang dijamah dan diperhatikan oleh pemerintah maupun antropolog di Indonesia.