Pembelajaran Sosiologi Berbasis E-Learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Semarang

  • Fatika Khalida Puteri
  • Totok Rochana

Abstract

Pandemi Covid-19 telah berdampak dalam berbagai bidang, salah satunya ialah bidang pendidikan. Pembelajaran daring dipilih sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran sosiologi berbasis E-Learning selama masa pandemi Covid-19 Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Semarang, 2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru sosiologi selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran sosiologi berbasis E-Learning kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Semarang sudah terlaksana dengan optimal.  2) Kendala-kendala pelaksanaan pembelajaran daring yang dihadapi ialah jaringan internet yang tidak stabil, penyampaian materi oleh guru terbatas, dan kurangnya pengawasan guru kepada peserta didik.

Published
2022-07-26
Section
Articles