Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA N 3 Semarang

  • Muhammad Rizki Eka Agusta
  • Tri Marhaeni Pudji Astuti

Abstract

Mewabahnya Covid-19 memberikan dampak pada bidang pendidikan. Salah satu dampaknya adalah diberlakukannya kebijakan pembelajaran jarak jauh. Dalam kebijakan pembelajaran jarak jauh ini anak lebih banyak menghabiskan waktu belajar di rumah. Sehingga dibutuhkan peran aktif orang tua dalam mendukung pembelajaran anak terkhusus pendidikan karakter anak yang saat ini sedang gencar-gencarnya dikampanyekan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengtahui kolaborasi antara guru dan orang tua dalam menetukan metode pendidikan karakter selama pembelajaran jarak jauh di rumah, 2) mengetahui cara orang tua menanamkan pendidikan karakter kepada anak selama pembelajaran jarak jauh di rumah, dan 3) mengetahui kendala yang dihadapi guru dan orang tua dalam melaksanakan Penguatan Pendidikan Karakter selama masa pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dilakukan triangulasi data untuk menguji keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dianalisis menggunakan Teori Peran (Ralph Linton). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) terdapat kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam pemberlakuan pembelajaran jauh dan penguatan pendidikan karakter melalui dialog konsultasi dan pelaporan perkembangan belajar anak melalui platform whatsapp antara orang tua dan wali kelas dan pelibatan orang dalam rapat pengambilan kebijakan pembelajaran jarak jauh di SMA N 3 Semarang, 2) terdapat peran orang tua dalam penguatan pendidikan karakter anak selama pembelajaran jarak jauh di rumah yang dilakukan dengan berbagai cara, 3) terdapat kendala yang dihadapi orang tua dalam melakukan perannya untuk mendampingi dan mendidikan anak saat pembelajaran jarak jauh. Saran yang disampaikan penulis dari penelitian ini adalah : 1) bagi sekolah adalah untuk meningkatkan kolaborasi dengan orang tua siswa dengan lebih menekankan pada tugas dan peran orang tua saat pembelajaran jarak jauh, 2) bagi orang tua siswa diharapkan untuk selalu dapat memenuhi hak dan kewajibannya sesuai dengan status sosialnya dalam keluarga untuk mendidik dan membimbing anak khususnya dalam pendidikan karakter, karena dengan karakter yang baik maka anak akan dapat mudah diterima dalam lingkungan masyarakat.

Published
2022-07-26
Section
Articles