Implementasi Pendidikan Multikultural Pada Sekolah Islam Negeri Di Kota Wali
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan konstruksi dan implementasi pendidikan mutikultural pada sekolah Islam di Demak ‘Kota Wali’. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Demak. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konstruksi pendidikan multikultural di Madrasah Aliyah Negeri Demak ditekankan pada internalisasi nilai terutama oleh pendidik kepada peserta didik terkait pendidikan islam melalui aktivitas di dalam dan luar pembelajaran yang disesuaikan dengan latar belakang dan karakteristik dari kultur masyarakat Demak, (2) implementasi pendidikan multikultural pada Madrasah Aliyah Negeri Demak tercermin pada sikap dan perilaku peserta didik di lingkungan tempat tinggal melalui kegiatan-kegiatan positif, dan (3) penerapan nilai-nilai multikultural di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri Demak dikontrrol dan didukung oleh seluruh komponen mulai dari karyawan, guru-guru, dan wali peserta didik serta para siswa sendiri. Dengan upaya tersebut pembelajaran agar dapat dimaksimalkan dengan baik.