PENDIDIKAN FORMAL DALAM PERSPEKTIF SEDULUR SIKEP (Studi Kasus pada Sedulur Sikep Desa Klopoduwur Kabupaten Blora)

  • Mihda Naba Rizqi Jurusan Sosiologi Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Hartati Sulistyo Rini Jurusan Sosiologi Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Formal Education, Perspective, Sedulur Sikep.

Abstract

Sedulur sikep lahir sebagai bentuk penolakan terhadap penjajahan Belanda. Penolakan tersebut diikuti dengan sikap tidak setuju mengenai beberapa hal seperti keberadaan sekolah. Sekolah di jaman Belanda merupakan sebuah politik untuk memperdaya masyarakat Indonesia. Melalui sekolah, masyarakat Indonesia akan mendapat penanaman nilai yang berbasis kebudayaan Belanda. Selebihnya, kepandaian yang diperoleh dari sekolah digunakan untuk membodohi sesama. Sehingga, sedulur sikep secara tegas menolak partisipasi dalam pendidikan formal. Larangan bersekolah seakan menjadi sebuah ajaran tersendiri yang dipegang oleh sedulur sikep. Akan tetapi, perkembangan zaman saat ini telah membawa banyak perubahan pada sedulur sikep. Hal ini sangat menarik, sehingga akan dikupas lebih mendalam mengenai persepsi sedulur sikep di Desa Klopoduwur terhadap nilai-nilai pendidikan dan persepsi mereka terhadap pendidikan formal. Serta, akan dijelaskan pula faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pendidikan formal di sedulur sikep Klopoduwur.

References

Ba’asyin, A.S. dan Ba’asyin, M.A. 2014. Samin: Mistisisme Petani di Tengah Pergolakan. Semarang: Gigih Pustaka Mandiri.

Bloom, David, dkk. 2006. Higher Education and Economic Development in Africa. Cambridge: Harvard University

Campbell, Tom. 1994. Tujuh Teori Sosial. Terjemahan F. Budi Hardiman. Yogjakarta: Kanisius.

Darmastuti, R. dan Prasela, M.K. 2010. Two Ways Communications: Sebuah Model Pembelajaran dalam Komunitas Samin di Sukolilo Pati. Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 8, No. 2, hal 204-216.

Moleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mumfangati, Titi, dkk. 2007. Kearifan Lokal di Lingkungan Masyarakat Samin Kabupaten Blora Jawa Tengah. Blora : Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blora.

Munib, Achmad. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT Unnes Press.

Pearse, Andrew. 1967. Introduction: Sociologists and Education. International Social Science Journal of Unesco. Vol. XIX, No.3, page 313-324.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

http://www.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2012/10/UU20-2003-Sisdiknas.pdf . (15 Desember 2014)

Section
Articles