IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Comal)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas implementasi pendidikan karakter religius dan hambatannya dalam pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Comal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini diperoleh melalui triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Comal mengimplementasikan pendidikan karakter religius mulai dari persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Proses implementasi pendidikan karakter religius mengalami beberapa hambatan diantaranya : perbedaan tingkat pemahaman siswa, pengaruh lingkungan di luar sekolah, dan kurangnya kontrol guru terhadap pelaksanaan pendidikan karakter religius.
References
Abubakar dan Anwar. 2013. Analisis karakter dan kearifan lokal dalam pem-belajaran sosiologi di Kota Banda Aceh. Jurnal Komunitas Pendidikan Sosiologi dan Antropologi September 2013, halaman 287-295. Universitas Negeri Semarang. Diunduh http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas pada tanggal 8 Februari 2015 pukul 11:56 WIB.
Anjari, Warih. 2012. Tawuran Pelajar dalam Perspektif Kriminologis, Hukum Pidana, dan Pendidikan. Jurnal penelitian 17 Agustus 1945 Jakarta Oktober 2012, halaman 34-40. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Diunduh dari http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/majalah-ilmiah/article/view/28/24 pada tanggal 21 Januari 2015 pukul 07:29 WIB.
Emiasih, Dewi. 2011. Pengaruh pemahaman guru tentang pendidikan karak-ter terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran sosiologi. Jurnal Komunitas Pendidikan Sosiologi dan Antropologi September 2011, halaman 216-226. Universitas Negeri Semarang. Diunduh dari http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas pada tanggal 6 Februari 2015 pukul 08:35 WIB.
Fathurrohman, Pupuh dkk. 2013. Pengembangna Pendidikan Karakter. Bandung : Refika Aditama.
Fudyartanta, Ki. 2010. Membangun Kepribadian dan Watak Bangsa Indonesia yang Harmonis dan Integral. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Ban-dung: Alfabeta.
http://megapolitan.harianterbit.com/megapol/2014/09/13/8219/18/18/22-Persen-Pengguna-Narkoba-Kalangan-Pelajar/diunduh pada pukul 14:12 WIB.
http://tribunnews.com/ diakses pada tanggal 9 Januari 2015 pada pukul 14:05 WIB.
Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. Terjemahan Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga. Diunduh dari http://digilib.uin-suka.ac.id pada tanggal 6 Januari 2015 pukul 17:42 WIB.
Lickona, Thomas. 2010. Eleven Principles of Effective Character Education. USA : Character Education Partnership.
Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.
Putri, Noviani Achmad. 2011. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik melalui mapel sosiologi kelas X di SMA Negeri 5 Semarang. Jurnal Komunitas Pendidikan Sosiologi dan Antropologi September 2011, halaman 205-215. Universitas Negeri Semarang. Diunduh dari http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas pada tanggal 8 Januari 2015 pukul 15:58 WIB.
Santrock, John W. 2007. Remaja. Jilid pertama. Terjemahan Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga. Diunduh dari http://digilib.uin-suka.ac.id pada tanggal 6 Januari 2015 pukul 17:42 WIB.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya