Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Imitasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang

  • Enggar Setyowati
  • Thriwaty Arsal

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena menarik bahwa pesatnya perkembangan media sosial TikTok di kalangan mahasiswa memunculkan beberapa perilaku imitasi dari berbagai konten-konten yang viral dan menarik perhatian individu. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penggunaan media sosial TikTok pada mahasiswa FIS UNNES, (2) mengetahui bentuk perilaku imitasi yang dilakukan oleh mahasiswa, (3) mengetahui dan menganalisis dampak perilaku imitasi pada mahasiswa FIS UNNES. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian berada di media sosial TikTok dengan subyek penelitian mahasiswa FIS UNNES. Penelitian ini menggunakan teori imitasi oleh Gabriel Tarde. Hasil penelitian menunjukkan (1) mahasiswa FIS UNNES mengakses media sosial TikTok sekitar 2-5 jam per hari, akun yang diikuti menyesuaikan dengan ketertarikan konten masing-masing individu, sebagian besar mahasiswa FIS UNNES memiliki ketertarikan pada hal viral, pembuatan konten memanfaatkan fitur-fitur yang ada di TikTok (2) bentuk perilaku imitasi berupa peniruan gerakan yang sama/mimikri dan peniruan dengan tujuan/emulasi, (3) dampak perilaku imitasi terdiri dari dampak positif dan dampak negatif.

Published
2023-10-17
Section
Articles