Rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan Dalam Mendukung Pariwisata Kabupaten Blora
Abstract
Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan semula berfungsi sebagai pangkalan delman yang dikembangkan menjadi kawasan pusat kuliner lokal melalui rebranding. Tujuan penelitian ini yaitu: mengetahui bentuk rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan, mengetahui partisipasi Paguyuban Pedagang Koplakan dalam rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan, mengetahui dampak rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan bagi pariwisata Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan konsep partisipasi masyarakat oleh Cohen dan Uphoff.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan berupa perubahan secara fisik dan perubahan non-fisik 2) Partisipasi masyarakat dalam rebranding berupa kehadiran Paguyuban Pedagang Koplakan dalam rapat, sosialisasi daftar harga, promosi mandiri, bergabung dalam aplikasi Grab Food, mengutamakan keramahan dan citarasa. 3) Dampak rebranding Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan bagi pariwisata Kabupaten Blora yaitu sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah, memberikan keuntungan ekonomi bagi pedagang, tujuan wisata kuliner, kesempatan bagi content creator lokal untuk mengeksplorasi Kawasan Pusat Kuliner Lokal Koplakan serta mengembalikan citra positif kawasan tersebut.