FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 CIBARUSAH BEKASI TAHUN 2011/2012
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X; 2) Besarnya kontribusi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PKn; dan 3) Faktor yang memiliki pengaruh dominan dalam mempengaruhi hasil belajar PKn. Sampel yang digunakan sebanyak 80 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012. Data diambil melalui kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas data, korelasi parsial, korelasi ganda, regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil analisis data diperoleh angka korelasi untuk lingkungan keluarga sebesar 0,334 dengan kontribusi 11,83%, lingkungan sekolah sebesar 0,399 dengan kontribusi 15,92% dan media pembelajaran sebesar 0,240 dengan kontribusi 5,76%. Hasil analisis korelasi berganda diperoleh angka korelasi sebesar 0,991 dengan kontribusi sebesar 98,2%. Persamaan regresinya Ŷ = 3,520 + 0,316X1 + 0,500X2 + 0,180X3. Lingkungan sekolah adalah faktor yang memiliki pengaruh dominan. Saran yang diajukan, yaitu: 1) kepada peneliti lain yang tertarik untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini, disarankan untuk menambahkan faktor lain sebagai variabel yang akan diuji, 2) kepada sekolah, diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, 3) kepada guru diharapkan dapat menjaga hubungan yang baik dengan siswa serta dapat memanfaatkan media yang ada, 4) kepada keluarga hendaknya memperhatikan aktivitas belajar dan memberikan motivasi kepada siswa/anak.
Article Details
The copyright of the article shall be assigned to Unnes Civic Education Journal as publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Unnes Civic Education Journal and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Unnes Civic Education Journal are the sole and responsibility of their respective authors and advertisers.
Users of this website will be licensed to use materials from this website following the Creative Commons. Please use the materials accordingly.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.