PEMBINAAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER JURNALISTIK DI SMA NEGERI 1 MEJOBO KUDUS

Main Article Content

Eko Raismawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pembinaan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, dan untuk mengetahui apa saja kegiatan pembinaan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, dan untuk megetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam pembinaan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik dimana pembina melakukan pembinaan dengan memberikan tugas membuat karya tulis ilmiah kepada siswa untuk membina tanggung jawab siswa terhadap diri sendiri, Pembina melakukan pembinaan dengan cara pemberian hukuman kepada siswa yang tidak meminta ijin kepada pembina apabila tidak hadir dalam kegiatan jurnalistik dengan tujuan membina tanggung jawab siswa terhadap orang lain. Pembinaan dengan cara keteladanan, yaitu keteladanan untuk melaksanakan perintah Tuhan dengan menjalankan perintah Tuhan seperti sholat bagi yang beragama islam, dengan tujuan untuk membina tanggung jawab siswa terhadap Tuhan. Pembina juga melakukan pembinaan dengan pemberian nasihat kepada siswa dengan tidak membuang sampah sembarangan untuk menjaga kebersihan lingkungan, untuk membina tanggung jawab siswa terhadap lingkungan. Jenis-jenis kegiatan pembinaan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik, yaitu pelatihan jurnalistik, penulisan karya tulis ilmiah, kunjungan ke tempat bersejarah, peliputan ekstrakurikuler, dan workshop. Kendala yang dihadapi dalam pembinaan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik, yaitu komitmen siswa, dan sarana prasarana.

This research aims to find out how mentoring liability students through extracurricular activities of journalism in SMA Negeri 1 Mejobo Holy, and to find out what activities are the responsibility of coaching the students through extra-curricular activities of journalism in SMA Negeri 1 Mejobo Holy, and to megetahui what are the obstacles faced in establishing the responsibility of the students through extra-curricular activities of journalism in SMA Negeri 1 Mejobo.The results showed that the construction of the responsibility of the students through extra-curricular activities of journalism where the Builder do the construction by giving the task of creating a scientific paper to students to foster students, responsibility towards oneself, the Builder did punishment by way of giving coaching to students who did not ask permission to coach if not present in journalistic activities with the aim of fostering students, responsibility towards others. Coaching by way of example, that example to execute a command of God by keeping the commandments of God as a prayer for a Muslim, with the aim of fostering students, responsibility towards God. The coach also do directing the giving of advice to students with no litter to maintain the cleanliness of the environment, to foster the student's responsibility to the environment. The types of activities the coaching responsibilities students through extra-curricular activities of journalism, namely training of journalism, writing scientific papers, visits to historical places, access to extracurricular activities, and workshops. Obstacles faced in establishing the responsibility of the students through extra-curricular activities of journalism, namely the commitment of students, and infrastructure.

Article Details

Section
Articles

References

Direktorat Pembinaan SMP. 2010. Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Rifa’i dan Catharina, 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Prenada Media Group.

Srijanti, Rahman, Purwanto. 2006. Etika Berwarganegara. Jakarta: Salemba Empat.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Pujiawati, Reinanti A. 2012. Peranan Keparamukaan Untuk mengembangkan karakter Tanggung jawab anggota pramuka sebagai salah satu upaya membina warga negara yang baik: Studi Deskriptif pada Gerakan Pramuka di SMA Pasundan 1 Bandung. Skripsi Bandung: FPIPS UPI.

Peraturan Perundang-undangan
Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional