PERAN PERSATUAN SOLIDARITAS KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA KABUPATEN PATI DALAM MENYALURKAN ASPIRASI MASYARAKAT DI KABUPATEN PATI

Main Article Content

Achmad Tarmuji

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Persatuan Solidaritas Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Pati atau disebut juga Pasopati dalam menyalurkan aspirasi masyarakat di Kabupaten Pati, mekanisme penyaluran aspirasi masyarakat di Kabupaten Pati oleh Pasopati, dan tingkat keberhasilan yang sudah dilakukan oleh Pasopati dalam menyalurkan aspirasi masyarakat di Kabupaten Pati. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di Pati. Teknik pengumpulan data dengan teknik  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian ini, yaitu peran Pasopati dalam menyalurkan aspirasi masyarakat di Kabupaten Pati adalah menyerap aspirasi masyarakat di Kabupaten Pati, menyampaikan aspirasi masyarakat ke Pemerintah Kabupaten Pati, dan kemudian mengkontrol kebijakan pemerintah Kabupaten Pati. Mekanisme penyaluran aspirasi masyarakat di Kabupaten Pati yang dilakukan oleh Pasopati, yaitu masyarakat menyalurkan aspirasinya, kepala desa bersama perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) melakukan rapat desa, rapat koordinasi Pasopati tingkat kecamatan, rapat Pasopati, dan audiensi bersama dengan pemerintah Kabupaten Pati. Keberhasilan yang dicapai oleh Pasopati merupakan keberhasilan yang dicapai melalui evaluasi yang dilakukan dari kebijakan pemerintah Kabupaten Pati. Saran peneliti dalam penelitian ini adalah agar menjaga persatuan kepala desa Kabupaten Pati, maka Pasopati melakuan pertemuan secara rutin, karena berdasarkan penelitian rapat yang dilaksanakan manakala ada masalah yang dihadapi. Selain itu, perangkat desa yang sudah tidak ada lagi yang menjadi anggota Pasopati maka nama perangkat desa pada Pasopati sebaiknya diganti.

This research aims to know the role of Persatuan Solidaritas Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Pati or also called Pasopati in channeling the aspirations of societies in Pati mechanism channeling the aspirations of the community in the Pati by Pasopati and a success rate which has been conducted by the Pasopati in channeling the aspirations of societies in Pati. The method used is qualitative method. Location of research on Pati. The technique of data collection techniques interviews, observation, and documentation. The validity of the data is done by triangulation technique with source. The results of this research, namely the role of Union Solidarity village chief and Councilor Pati in channeling the aspirations of societies in Pati is absorbing the aspirations of societies in Pati convey aspiration to Pati Government and the Mechanism of channeling the aspirations of societies in Pati conducted by the Pasopati, the community channel aspirasinya, the head of the village with the Badan Permusyawatan Desa (BPD) convenes coordination meetings, the Pasopati subdistrict level, meetings of Pasopati, and audience together with the County Government of Pati. The success achieved by the Union Solidarity village chief and Councilor Pati is the success achieved through evaluations carried out from Government policy Pati.n the Government policy of controlling Pati. The advice of researchers in this study is to maintain unity village chief Pati, then head of the Pasopati perform meetings regularly, because based on the research meetings that were held while there is a problem at hand. In addition, a village that no longer exists, which became a member of the Pasopati then device name village at Pasopati Device should be replaced.

Article Details

Section
Articles

References

Abdulsyani. 2002. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan.Jakarta : Bumi Aksara.

Hamzah Halim dan Kemal Redindo Syahrul Putera.2013.Cara Praktis Menyusun & Merancang Peraturan Daerah.Jakarta : Prenada Media Group.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa.

Purnomo, Daniel.1994.”Lembaran Ilmu Pengetahuan IKIP Semarang”. Dalam Humar Sahman (Ed.). Harapan dan Kenyataan Dalam Konteks Teori Peran.Semarang : IKIP Semarang. Hal. 1-8.Salinan Akta Persatuan Solidaritas Kepala Desa dan Perangkat Desa kabupaten Pati (Pasopati) Nomor 19 Tahun 2010.

Soemantri,Bambang Trisantono. 2011. Pedoman Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.Bandung : Fokusmedia.

Suryadi, Budi. 2007. Sosiologi Politik : Sejarah, Definisi, dan Perkembangan Konsep.Yogyakarta : IRCiSoD.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1985 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.