EFEKTIVITAS KOOPERATIF TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
This research aimed to identify the effectiveness of using”two stay two stray” cooperative learning models towards students’ activities and learning achievements in classification of living things subject matter. The study was held at MTs state of Sulang, 7thgrade semester in 2011/2012.The design of research was pre-experiment with One Shoot Case Study. Samples were the class VII2, VII3 and VII4 who were collected by purposive sampling technique. The variable were ”two stay two stray” cooperative learning models, students’ activities and learning achievements in classification of living things matter. Obtained data were analyzed by descriptive quantitative methods. The results showed that the percentage of students who were active and very active in the class from all three class up to 86.67%. Completeness of students’ learning achievement was 93,33%.The conclusion from this research was that the learning of Living Things Classification using “two stay two straý” cooperative learning model was effective to improve the activity and students’ learning achievements at MTs state of Sulang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif two stay two stray terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian dilaksanakan di kelas VII semester gasal MTs Negeri Sulang tahun ajaran 2011/2012. Rancangan penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain One Shoot Case Study. Sampel yang digunakan adalah kelas VII2, VII3 dan VII4 dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif two stay two stray, aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang aktif dan sangat aktif secara klasikal pada ketiga kelas mencapai 86,67%. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 93,33%. Data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif two stay two stray efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa klasifikasi makhluk hidup di MTs Negeri Sulang.
References
Darsono, M. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press
Indriyani, C. 2011. Peningkatan kualitas pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray pada siswa kelas IV SD Tambakaji 05 kecamatan Ngaliyan kota Semarang. Jurnal Kependidikan Dasar 1(2) hal 180-193.
Ismawati, N & N, Hindarto. 2011. Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 hal 38-41
Lie, A. 2008. Mempraktikan cooperatif learning di ruang-ruang Kelas. PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta
Lord, T. (2001). 101 Reason for using cooperative learning in biology teaching. The American Biology Teacher. 60.30-39.
Meier, D. 2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.
Nasution. 2002. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Qomariah, I dan L, Badriyah. (2010) Upaya peningkatan ketrampilan berargumentasi pendidikan agama islam dengan metode two stay two stray pada siswa kelas xi di SMA al muniroh ujung pandang gresik. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas pendidikan Agama Islam 1 (1) hal 37-52.
Rifai & A, Chatarina. 2010. Psikologi Pendidikan. UNNES, Semarang
Sari, F W. 2010. Penerapan model pembelajaran kooperatif model two stay two stray (tsts) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII A SMP N 2 kertosono jawa timur. Malang : On line at
http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/article/view/9483. Diunduh tanggal 12 april 2011
Silberman. 2006. Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, (terjemahan Sarjuli et al). Yogyakarta: YAPPENDIS.
Subratha, N. 2007. Pengembangan model pembelajaran kooperatifdan strategi pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP 1 Sukadana. Jurnal penelitian dan pengembangan. 1 (2) hal 135-147.
Sunarto & Hartono. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik konsep landasan teorotis dan implementasinya. Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta
Wena, M. 2009. Strategi pembelajaran kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional. Bumi Aksara, Jakarta
Zakaria E. dan Z. Iksan (2007). Promoting cooperatve learning in science and mathematics education: A Malaysia. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 3 (1), hal 35-39.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.