PEMANFAATAN KEBUN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS)
Abstract
This purpose of this research was to identify the students’ activities and their learning achievements on the classification of living organism materials by using the Unnes’educational tourism garden as learning resources, integrated in the JAS (environmental exploration) approaches for SMP Teuku Umar Semarang students. This research design was one shot case study. Sample of this research were class VII.1 and VII.3 students collected by purposive sampling technique. The collecting data methods were questionnaires, documentation, observation sheets and tests. The data were quantitatively measured and descriptively analyzed. The results showed that 74%-100% of students in three learning activities were classified as active and very active, and 77% of student achieved optimal student learning outputs (the learning achievement ? 80). Based on the results of research and its discussion it was concluded that Unnes’ educational tourism garden could be used for a learning resource on the classification of living organism material, integrated in JAS approach and for optimizing learning activities and achievements of SMP Teuku Umar Semarang students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup dengan memanfaatkan kebun wisata pendidikan sebagai sumber belajar dengan menerapkan pendekatan jelajah alam sekitar di SMP Teuku Umar Semarang. Penelitian ini menggunakan desain the one shot case study. Sampel yang digunakan adalah kelas VII.1 dan VII.3, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode angket, dokumentasi, observasi, dan tes. Data-data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74%-100% aktivitas belajar siswa tergolong dalam kriteria aktif dan sangat aktif pada tiga kegiatan pembelajaran yang dilakukan, dan 77% siswa hasil belajarnya optimal (nilai hasil belajar ?80). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pemanfaatan kebun wisata pendidikan Unnes sebagai sumber belajar materi klasifikasi makhluk hidup dengan pendekatan jelajah alam sekitar yang diterapkan dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP Teuku Umar.
References
Abdullah, S & Abbas, M. 2006. The Effects of Inquiry-Based Computer Simulation with Cooperative Learning on Scientific Thinking and Conceptual Understanding. Malaysian online journal of Instructional Technology (MOJIT) 3 (2):1-16
Abraham. 2007. Hubungan pemahaman materi pelajaran kimia dengan prestasi belajar IPA siswa SMP Negeri se-kota Kendari. Jurnal Wakapendik 2 (1):62-74.
Anni, C.T., Achmad, R., Purwanto, E. & Purnomo, D. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Darsono, M. 2000. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Press
Hartati, S. 2002. Peningkatan Kadar Keaktifan dan Keterampilan Interpersonal Melalui Pembelajaran Kooperatif IPA pada siswa SLTP. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2 (XVIII): 327-337.
Irsadi, A., Saiful, R. & Ibnul, M. 2006. Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Model IQRA di Madrasah Aliyah (MA). Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Biologi, Jurusan Biologi FMIPA Unnes 26 Agustus 2006. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA Unnes.
Marianti, A. 2006. Bunga Rampai Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS). Semarang: Jurusan Biologi FMIPA UNNES.
Murtasiyah, S. 2010. Penerapan pendekatan JAS dengan model investigasi kelompok pada materi klasifikasi hewan di SMP PGRI 16 Brangsong (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Ngabekti, S., Kukuh, S., Bambang, P. & Endang, S. 2006. Penerapan model investigasi dengan pendekatan JAS pada materi makhluk hidup dan lingkungannya di SMP 32 Semarang. Jurnal penelitian pendidikan 22 (1):48-63
Priyono, B., Indriharti, W. & Suprihationo. 2008. Meningkatkan pemahaman siswa SMA N 5 Semarang menggunakan peta konsep berorientasi JAS pada materi biologi dan organisasi kehidupan. Jurnal penelitian pendidikan 24 (1):1-11
Rakhmawati, F. 2010. Penerapan pendekatan JAS pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan berbantuan media Booklet di SMP Negeri 1 Talang Kab.Tegal (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang
Rohani, A. & Ahmadi. 1995. Pengelolaan pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sardiman. 2007. Interaksi & motivasi belajar mengajar. Jakarta: RajaGrafindo CPersada
Suarni, E. 2012. Penerapan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Warga Bakti Cimahi (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan
Tanel, Z. & Erol, M. 2008. Effects of Cooperative Learning on Instructing Magnetism: Analysis of an Experimental Teaching Sequence. Lat. Am. J. Phys. Educ 2(2):124-136
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.