PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN SLIDE PRESENTATION MATERI JARINGAN HEWAN

  • Ema Aprilia Handini Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Aditya - Marianti Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Endah - Peniati Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Keywords: animal tissue, cooperative learning of jigsaw, slide presentation

Abstract

The purpose of this study was to examine the effectiveness of the influence of type of Jigsaw cooperative learning model-assisted slide presentation on the learning achievements of  structure and function of animal tissues in MA Nadlatul Ulama Demak. This study was a research experiment one-shot Case Study. Sample of this study was the class XI and XI IPA IPA 1 2, determined by random sampling techniques. The success indicator of this study was at least 75% of students indicated  scored ? 70 learning achievement. The results of this study showed  the completeness results of studying in class XI IPA 1 was 80% of students and for  class XI IPA 2 was 83.33% of the students. Based on these results it was  concluded that the Jigsaw cooperative learning model-assisted slide presentation of learning could be effectively applied to the materials structure and function of animal tissues at  MA Nahdlatul Ulama Demak. The suggestions  was made for teachers to apply the Jigsaw cooperative learning model assisted by slide presentation in delivering learning material structure and function of animal tissues.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti efektivitas pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan media slide presentation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran struktur dan fungsi jaringan hewan di MA Nahdlatul Ulama Demak. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen yang dilaksanakan dengan metode The one-shot Case Study. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang diambil dengan teknik random sampling dari tiga kelas yang ada. Keberhasilan dari penelitian ini adalah sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai hasil belajar ? 70. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar di kelas XI IPA 1 sebesar 80% siswa dan di kelas XI IPA 2 sebesar 83,33%  siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan slide presentation efektif diterapkan pada pembelajaran materi struktur dan fungsi jaringan hewan di MA Nahdlatul Ulama Demak. Saran yang diajukan agar guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan slide presentation dalam menyampaikan pembelajaran materi struktur dan fungsi jaringan hewan.

Author Biographies

Ema Aprilia Handini, Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang
Aditya - Marianti, Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang
Endah - Peniati, Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang

References

Arikunto S. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Arikunto S. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Bumi Aksara, Jakarta.

Hasanah YP. 2007. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Jigsaw Dalam Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Di MTs NU Ungaran. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Hidayat N. 2008. Pengembangan Dan Keefektifan Media Slide Presentation Bakteri Sebagai Sumber Belajar Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Biologi Bagi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Semarang. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Kilic D. 2008. The Effect of the Jigsaw Technique on Learning the Concepts of the Principles and Methods of Teaching. http://www.idosi.org /wasj/wasj4(s1)/18.pdf . diunduh tanggal 18 Januari 2010.

Priutami IY. 2009. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning dengan Slide Presentation dan Praktikum Konsep Alat Indera Manusia Pada Siswa Kelas XI SMA N I Sampang Cilacap. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sudjana N & Rivai A. 2005. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Sudrajat A. 2008. Media Pembelajaran. http://akhmadsudrajat. wordpress.com/2008/01 /12/ media-pembelajaran.htm. Diunduh tanggal 14 Maret 2010.

Yuliani I. 2008. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Berbasis Peta Pikiran (Mind Map) pada Materi Struktur Jaringan Hewan (Skripsi). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Yusuf Y & Natalina, M. 2005. Upaya peningkatan hasil belajar biologi melalui pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktur di kelas 17 SLTP Negeri 20 Pekanbaru. Jurnal Biogenesis Vol. 2(1):8-12.

Zakaria E & Zanaton. 2007. Promoting cooperative learning in science and mathematics education: a Malaysian prospective. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 3(1): 35-39.

Section
Articles