PENGEMBANGAN ASESMEN ALTERNATIF PORTOFOLIO IPA KELAS VIII MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

  • Rezania - Setyandari Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229
  • Ely - Rudyatmi Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229
  • Sri - Sukaesih Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229
Keywords: human sirculatory system, portfolio alternatives assessment, science

Abstract

This study aimed to develop a viable portfolio alternative assessment of science at SMP N 1 Girimarto Wonogiri. The design of this study was Research and Development (R & D). The research data were consisted of   the feasibility of portfolio alternative  assessment of science, learning activities and learning achievements of students of cognitive, affective and psychomotor. All data were analyzed using descriptive techniques percentage. The results showed that the assessment of  the expert of learning assesment and biology content materials indicated that the product was very viable and could be used as an alternative assessment of science, an average score of viability was 93%. The products were effectively utilized by students who were classified as the active and very active in their learning; students mastery learning, skills and interests during field tests 1, 2 and 3 were ? 85%, unless the skills of students in the second field test, ? 85%. This study produced the portfolio alternative assessment for human circulatory system that could be used for science subjects at SMP N 1 Girimarto Wonogiri.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen alternatif portofolio IPA yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA di SMP N 1 Girimarto Wonogiri. Rancangan penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data penelitian berupa kelayakan produk asesmen alternatif portofolio IPA, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Semua data penelitian tersebut dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pakar asesmen, pakar materi dan guru menyatakan produk yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai alternatif penilaian IPA dengan rata-rata kelayakan 93%. Produk ini efektif digunakan dengan persentase siswa yang aktif dan sangat aktif dalam pembelajaran, ketuntasan belajar siswa, keterampilan dan minat pada uji coba 1, 2 dan 3 sudah ?85%, kecuali keterampilan siswa pada uji coba 2, yaitu ?85%. Simpulan penelitian ini adalah telah dihasilkan asesmen alternatif portofolio IPA materi sistem peredaran darah manusia yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA di SMP N 1 Girimarto Wonogiri.

 


Author Biographies

Rezania - Setyandari, Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229

Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

Ely - Rudyatmi, Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229

Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

Sri - Sukaesih, Gedung D6 Lt.1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, 50229

Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Adil M. 2006. Penilaian dan Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 13(2). http://educare.e-fkipula.net/index.php?option=com. Diunduh tanggal 10 Juni 2012

Jantimala. 2007. Pembelajaran konsep sistem koordinasi dengan memanfaatkan portofolio siswa. (Tesis). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mulyana EH. 2005. Asesmen dalam pembelajaran sains di SD. Jurnal Pendidikan dan Budaya. 3(2). http://ml.scribd.com/doc/9039970/Edi-Hendri-Mulyana. Diunduh tanggal 12 Juli 2012

Nurgiyantoro B. 2008. Penilaian otentik. Jurnal Cakrawala Pendidikan (3):251-252. http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/.../32. Diunduh tanggal 3 Juni 2012

Pranata M. 2004. Portofolio Model Penilaian Desain Berbasiskan Kontruktivistik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (6): 63 81. http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/1207122134.pdf. Diunduh tanggal 3 Mei 2012

Soewandi AM. 2005. Penilaian pembelajaran dengan portofolio. Makalah disampaikan pada guru-guru SD, SMP, dan SMA YPKK KMS. Universitas Sanatha Dharma. Kalimantan Tengah 28-30 November 2005.

Suardana IK. 2008. Penilaian portofolio dalam pembelajaran Fisika berbasis inquari terbimbing di SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (2):122-134.

Suherman E. 2011. Asesmen Portofolio. Jurnal Pendidikan dan Budaya. 5(1). http://jurnal.upi.edu/...pendidikan/.../vol 1-no-oktober-2011 diunduh tanggal 13 Mei 2012

Wahyudi 2008. Asesmen pembelajaran berbasis portofolio di sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. (2):288-296. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/download. diunduh tanggal 9 Juli 2012

Widhiarso W. 2004. Penerapan asesmen portofolio dalam pengukuran kompetensi mahasiswa dalam melakukan asesmen psikologi. Yogyakarta: Fakultas psikologi Universitas

Wulan AR 2007. Penggunaan asesmen alternatif pada Biologi. Dalam: Seminar nasional Biologi perkembangan biologi dan pendidikan Biologi untuk menunjang profesionalisme jurusan pendidikan Biologi FPMIPA UPI.UPI. Bandung, Mei 2007. Hlm 381-383. Gadjah Mada.

Section
Articles