PEMBELAJARAN TANDUR BERBASIS TIK PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

  • Andreas Junaedi Raja Guk Guk Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Tyas Agung Pribadi Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
  • Lina - Herlina Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Keywords: environment management, TANDUR, TIK

Abstract

This research aims to know whether TANDUR Teaching and learning process based on TIK has a positive effect on the students’ study result and activities on the subject of environment management. The research procedure used was one-shot case study. Independent variable in this research was TANDUR Teaching and learning process based on TIK, the dependent variable was study result, students’ activities. This study has a positive effect if the students’ achievement is  more than or equal 85% of the KKM which is 75, the students’ activity process more than or equal 75%.  The result of the research showed that classically the XI 1 grade students’ activities was 79,98%, XI 2 was 76,44%. The students result of XI 1 was 86,84%, XI 2 was 89,18% and it has reached the KKM, moreover the students and the teachers gave a positive response on TANDUR Teaching and learning process based on TIK. Based on the result of this research, it can be concluded that it has a positive effect on the students’ result and activities on environment management subject.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran TANDUR berbasis TIK berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran TANDUR berbasis TIK, variabel terikatnya adalah hasil belajar, aktivitas siswa. Pembelajaran ini berpengaruh positif apabila hasil belajar lebih dari sama dengan 85% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran lebih dari sama dengan 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal aktivitas siswa kelas XI 1 sebesar 79,98%, XI 2 sebesar 76,44%. Hasil belajar siswa kelas XI 1 sebesar 86,84%, XI 2 sebesar 89,18% telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar lebih dari sama dengan 75 serta siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran TANDUR berbasis TIK. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran TANDUR berbasis TIK berpengaruh positif aktivitas dan hasil belajar pada materi pengelolaan lingkungan.

Author Biographies

Andreas Junaedi Raja Guk Guk, Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Tyas Agung Pribadi, Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Lina - Herlina, Gedung D6 Lantai 1 kampus Sekaran, Gunungpati Semarang, 50229
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Afcariono. M. 2008. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif.3,(2), 1-4.

Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar IN. 2007. Quantum Teaching Sistem TANDUR dan Penerapannya Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Central of Education (consultant). Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo: Vol. 3 No. 2. Online at http://Iibrary.trunojoyo.ac.id /elibetil.php?id=2625&PHPSESSID=6098f327 dle5448de2Odd2d95b4c2a

d7[diakses tanggal 7 Januari 2012].

Boediono. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Biologi untuk SMA. Jakarta: Depdiknas hal. 7

De Porter. Bobby dan Mike Hernacki. 2008. Quantum Learning Membiasakan Belajar Mandiri dan Menyenangkan. Bandung: Karfa.

Hendrawati S. 2009. Keterampilan Proses Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sains . [Online] Tersedia :http://srihendrawati.blogs ot com/2010/02/keterampilan--proses-sains-bagi-siswa-sd.htmI [29 Juni 2010]

Septiana N. 2008. Media Belajar dari Sudut Pandang Psikologi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Innovatif Volume 3 Nomor 1. Online at http://jurnallipi.wordpress .com/2008/01/25/nenny-septiana/. [diakses pada tanggal 5 Januari 2012].

Suherman E. 009. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Jurnal Pendidikan. Online at http://educare.fkipunla.net/ [diakses pada tanggal 5 Januari 2012].

Sutjipto T.W.A. 2005. Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur Bo.04 Th. IV. Online at http://www.bpkpenabur.or.id files. Hal.76 - 84.pdf [diakses pada tanggal 5Januari 2012].

Usman M. U. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

Section
Articles