PENGARUH METODE SOCRATIC CIRCLES DISERTAI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Amalina Indratun Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Tyas Agung Pribadi Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Andreas Priyono Budi Prasetyo Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan metode Socratic Circles disertai media gambar pada pembelajaran materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 6 Magelang. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental. Sampel yang digunakan adalah kelas VII C (kelas eksperimen) dan VII E (kelas kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik Convinience sampling. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan skor tes kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0,41 (sedang) sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0,22 (rendah). Hasil uji t menggunakan aplikasi Microsoft excel 2010 menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan kelompok kontrol dengan thitung (4,163) > ttabel (2,658). Berdasarkan analisis per aspek kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol hal ini terlihat dari nilai post-test. Tingkat keterlaksanaan metode Socratic Circles disertai media gambar mencapai 93,74% dengan kriteria sangat baik. Secara umum guru dan siswa juga memberikan tanggapan setuju terhadap pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode Socratic Circles disertai media gambar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem di SMP Negeri 6 Magelang.

Research was conducted to identify the effect of pictorial Socratic Circles method on Ecosystem teaching material upon the student’s critical thinking skills at Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Magelang. This research used a quasy experimental design. Two classes were treated as a control and an experimental class. The samples were by a convenience sampling technique. The result indicated that the student’s critical thinking skills from the experimental class higher than the control class. The critical thinking test scores of the experimental class were increased by 0,41 (medium), whereas the control class was by 0,22 (low). The t-test showed that these figures was significantly different. Analysis showed that the student’s critical thinking skills of the experimental class were much better than one of the control class. The level of implementationpictorial Socratic Circles method was 93,74% (categorized as very good). In general, the teacher and students were also in an agreement about the applied method. The conclusion of this research, that pictorial Socratic Circlesmethod on Ecosystem teaching material was able to improve the students’ critical thinking skills at Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Magelang.

Published
2017-06-08
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)