PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF DALAM METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah penerapan strategi metakognitif dalam metode inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan manusia di SMP N 1 Kaliwungu. Penelitian pre eksperimental dengan desain kelompok pretes dan postes telah dilaksanakan pada kelas VIII E. Sampel ditentukan dengan teknik convenient sampling. Data tingkat keterlaksanaan strategi metakognitif dalam metode inkuiri dikumpulkan dengan angket yang diisi oleh siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dengan uji N gain dan uji t. Tingkat keterlaksanaan strategi metakognitif dalam metode inkuiri sangat tinggi. Uji N gain tinggi yang ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa dari pretes ke postes sebesar 0,85. Uji t menunjukkan thitung > ttabel yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretes dan postes. Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi metakognitif dalam metode inkuiri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar materi sistem pencernaan manusia di SMP N 1 Kaliwungu.
This research aimed to indentify the effect of the implementation of metacognitive strategy in inquiry methods of teaching on student learning achievement in Human Digestive System at SMP N 1 Kaliwungu. Pre-experimental research with pretest and posttest group design was implemented. Sample was collected by a convenient sampling technique. Questionaire was used to collect data of student level of implementation metacognitive strategy. Test was used to collect data of student learning achievement. Data was analysed by both quantitative methods by N-gain test and t-test. The findings showed that the level of implementation strategy metacognitive in inquiry methods was very high. N-gain test indicated there was an increase in students’ learning achievement from pre- to post-test, namely 0,85. T-test indicated tcount > ttable which meant there was a significant difference between pretest and posttest scores. The conclusions of this research was that the implementation of strategy metacognitive in inquiry methods brought a significant effect on the student learning achievement.
References
Ahnam, L. 2007. Persepsi pelajar berbagai gaya pembelajaran terhadap penerapan strategi metakognitif guru. Disertasi. Universitas Teknologi Malaysia, Malaysia
Anni, C. 2007. Psikologi belajar. UPT MKK UNNES, Semarang
Bahri S. 2008. Peran Pengetahuan Awal, Strategi Kognitif dan Metakognitif Terhada Pencapaian Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. 1(1): 58-64
Hendi, R.P. 2010. Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan multimedia dan lingkungan riil ditinjau dari motivasi dan kemampuan awal siswa. Thesis. Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Inam, A. 2009. peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study berbasis metakognitif. Jurnal pendidikan. 12: 125-135
Sudiarta, P. 2006. Penerapan strategi pembelajaran berorientasi pemecahan masalah dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan emahaman konsep dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 3(4): 588-602
Sudjana, N. 2006. Metoda statistika. Tarsito, Bandung.
Suhendra. 2010. Pendekatan matematika dengan pendekatan ketrampilan metakognitif untuk mengembangkan kompetensi matematika siswa. FMIPA UPI, Bandung
Susantini, E. 2005. Strategi metakognitif dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran genetika siswa SMA. Jurnal Pendidikan. 12 (1): 62-74
Teasdale, JD., Pope, M., Moore RG., Williams, S., dan Segal, ZV. 2002. Metacognitive Awareness and preventation of Relaps in Depression : Emperical Evidence. Journal of Consulting and Clinical Physicology. 2 (70) : 275 - 287
Whirta, M & Rapi, K. 2008. Pengaruh model pembelajaran dan penalaran formal terhadap penguasaan konsep fisika dan sikap ilmiah siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 1(2): 15-29
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.