Meta-Analisis Penerapan Pendekatan Jas Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang

  • Khuswatun Khasanah Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Retno Sri Iswari Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nana Kariada Tri Martuti Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) merupakan pendekatan yang dikembangkan oleh dosen
Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran
biologi. Berdasarkan database perpustakaan Biologi Unnes tahun 2011-2015 ditemukan sebanyak 25
skripsi yang meneliti penerapan pendekatan JAS. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan
pendekatan JAS pada hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Semarang tahun 2011-2015. Meta-analisis ini termasuk penelitian kualitatif dengan
desain penelitian expost de facto. Kesimpulan dari penelitian ini adalah skripsi JAS yang dihasilkan oleh
mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Unnes didominasi oleh materi ajar lingkungan, lebih banyak
dilakukan pada tahun 2011-2012, didominasi oleh metode penelitian eksperimen, dan hasil penelitian
berorientasi pada pengaruh JAS terhadap hasil belajar kognitif. Selain itu, diketahui bahwa skripsi
sudah memenuhi komponen penyusun JAS serta dari hasil penelitian ditemukan beberapa kelebihan
dan kekurangan pendekatan JAS.

 

Natural Environment Exploration approach is an approach that was developed by Biology Education’s lecturer of
Semarang State University to improve the quality of teaching biology. Based on Biology UNNES’ library database
in 2011-2012, it was found as many as 25 thesis examined the application of JAS approach. This study aimed to
analyze the implementation of the JAS approach to the results of research conducted by the undergraduate students
of Biology Education Semarang State University around 2011-2015. This study is a meta-analysis including
qualitative research study with expost de facto design. The conclusion of this research was that JAS thesis produced
by undergraduate students of Biology Education Unnes dominated with ecosystem concept, mostly done in 2011-
2012, dominated with experiment method, and the result more oriented in cognitive aspect of learning outcomes. In
addition, it was revealed that the final project had met JAS’s component and found some strenghts and weakness of
JAS approach.

Published
2017-11-19
Section
Articles