ANALISIS KUALITAS SOAL-SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN IPA SMP DI KABUPATEN BANJARNEGARA

  • Arrynda Ratnaningsih Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Tuti Widianti Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Krispinus Kedati Pukan Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: analysis item, iteman, try out

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal try out UN mata pelajaran IPA menggunakan program ITEMAN, yang meliputi validitas dan reliabilitas soal. Data diperoleh dengan metode dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012.  Sekolah yang digunakan untuk penelitian adalah 9 SMP dari 91 SMP di Kabupaten Banjarnegara. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal try out UN mata pelajaran IPA SMP di kabupaten Banjarnegara dengan program Iteman memiliki tingkat kesukaran sedang, daya beda cukup, distraktor berfungsi serta reliabilitas dengan kategori tinggi.

 

 

Abstract

___________________________________________________________________

The aims of this research were  to describe  item quality of try out Science National Exams using ITEMAN software, including its validity and reliability questions. Data was obtained by methods of documentation and interviews. This research was conducted at Banjarnegara in 2011/2012 school period. The schools involved  in this research were  9 junior high school from 91 junior high schools at Banjarnegara. Sampling was collected randomly. The subjects of this research were students of IX Grade. The result showed that item quality of junior high school Science National Exam at Banjarnegara was as follows: level of difficulties was middle, different resources were enough, distractor properly functioned, and its reliability was classified ‘high category’.

Author Biographies

Arrynda Ratnaningsih, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Tuti Widianti, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Krispinus Kedati Pukan, Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

[BSNP] Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. On line at http://dikmenum.go.id

Devi, P. 2012. Pengembangan Soal HOTS IPA. Jakarta. On Line at http://www.p4tkipa.org/detaildata.php?id=ARTIKEL. Diunduh tanggal 29 Maret 2012.

Haynie, W. 2002. Post hoc analysis of test items written by technology education teachers. Journal of Technology Education 4 (1) : 26-38.

Nursalam, M. 2009. Analisis butir tes menggunakan program ITEMAN. Jakarta : Jurusan Psikometri Universitas Indonesia.

Retnowati, H. 2009. Hand Out Perkuliahan: Menganalisis Butir soal Aspek Kognitif dengan ITEMAN. Yogyakarta: FMIPA UNY. On line at http://myaghnee.blogspot.com/2009/05/iteman.html. Diunduh tanggal 12 November 2010.

Subandi, A. 2011. Analisis Soal Bentuk Kuantitatif. On line at http://hadeethislam.blogspot.com/2011/07/analisis-soal-bentu-kunatitatif.html. Diunduh tanggal 28 Oktober 2012.

Sudjana, N. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sutikno, K. 2007. The analysis of senior high school state final examination 2005-2006. Jurnal Pendidikan Penabur 6 (8) : 12-20.

Slavin RE. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta: PT Indeks.

Sutjiono TWA. 2005. Pendayagunaan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur 4: 76-84.

Published
2013-05-29
Section
Articles