EFEKTIVITAS GROUP INVESTIGATION DITUNJANG PENUGASAN AWETAN BIOPLASTIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas group investigation ditunjang penugasan awetan bioplastik terhadap hasil belajar dan minat wirausaha siswa materi keanekaragaman makhluk hidup kelas VII SMP N 6 Pati. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Designdengan desain One-Shot Case Study. Populasi penelitian ini yaitu kelas VII yang terdiri atas tujuh kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling. Indikator efektif dilihat dari 75% siswa mencapai KKM, 75% siswa memiliki minat wirausaha minimal tinggi dan 85% siswa aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar, minat wirausaha dan aktivitas siswa kedua kelas mampu mencapai indikator. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata persentase ketuntasan klasikal 94%, sedangkan persentase minat wirausaha tinggi dan sangat tinggi 96% dan rata-rata persentase aktivitas aktif dan sangat aktif 96%. Selain itu, sebagian besar siswa dan guru IPA kelas VII memberikan tanggapan yang positif terhadap desain pembelajaran ini. Kesulitan manajemen waktu dan pendampingan investigasi kelompok menjadi kendala dalam pembelajaran. Penerapan pembelajaran group investigation ditunjang penugasan awetan bioplatik pada materi keanekaragaman makhluk hidup terbukti efektif terhadap hasil belajar, minat wirausaha dan aktivitas siswa kelas VII SMP N 6 Pati.
Â
Abstract
___________________________________________________________________
This research aimed to examine the effectiveness of Group Investigation supported by bioplastic preservation learning assignment upon students’ learning results and entrepreneurship spirit of VII grade students at SMP N 6 Pati. This Research was the Pre-Experimental Design with One-Shot Case Study. The population of this research were VII grade students  consisted of seven classes. Sample taken for this research was two classes with purposive sampling technique. The result of this research showed that students’ learning results, activities and entrepreneurship spirit could be used as the indicators of the successfulness. Analysis of learning results showed that percentage of completeness classical was ≥ 94%, percentage of student entrepreneurship with criteria high and very high was 96% and percentage of student activity was ≥ 96%.%. In addition, almost all the students and the science teacher of VII grade provided positive feedback toward this learning design. Applying Group Investigation supported with bioplastic preservation learning assignment was proven as the effective way to improve the learning achievement, student entrepreneurship and student activity of VII grade at SMP N 6 Pati.
References
Abordo I & Samuel. 2005. Group investigation : how does it work. Journal International Forum 8(1):79-98.
Aritonang K. 2008. Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur 7(10): 11-21.
Bukhori I & N Anita. 2009. Pengaruh kultur sekolah terhadap motivasi belajar siswa melalui kinerja guru. Jurnal Penelitian Kependidikan 19(2):182-188.
Cahyadi O.2011. Pendidikan karakter melalui pendidikan seni terpadu untuk anak jalanan di kota Bogor. Jurnal Seni Artistika 1(1):70-82.
Fonacier R & J Mueller. 2006. Changing entrepreneurial perceptions and developing entrepreneurial competencies through experiential learning: evidence from entrepreneurship education in singapore’s tertiary education institutions. Journal Of Asia Entrepreneurship and Sustainability 2(2):15-30.
Handayani S. 2008. Penerapan pembelajaran kooperatif sebagai upaya untuk membangkitkan multiple intelegenes siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif 3 (1): 4-46.
Hobri & Susanto. 2006. Penerapan pendekatan cooperative learning model group investigation untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III SLTP N 8 Jember tentang volume tabung. Jurnal Pendidikan Dasar 7(2):74-83.
Komariyah Z & Soeparno. 2010. Pengaruh pemnafaatan media permainan kartu hitung terhadap hasil belalajr siswa materi ajar operasi hitung campuran mata pelajaran matematika kelas III SDN Babat Jerawat I Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan 10(1):63-73.
Kurniwan F & TH Karyono. 2012. Ekstra Kurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah. Yogyakarta. On line at http://staff.uny.ac.id/[diakses 17 Januari 2013].
Moerdiyanto. 2012. Perluasan implementasi pendidikan kewirausahaan model project based learning bagi remaja putus sekolah korban gempa. Jurnal Economia 10(1):78-96.
Ngabekti S, K Santosa, B Priyono, & SM Endang. 2006. Penerapan model investigasi kelompok dengan pendekatan jelajah alam sekitar pada materi makhluk hidup dan lingkungannya. Jurnal Penelitian Pendidikan 22 (1):48-63.
Purwanti IY. 2012. Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta. On line at http://staff.uny.ac.id/[diakses 9 Januari 2013].
Rachman A & A Khamidi. 2009. Hubungan Kemampuan Awal dan Minat Terhadap Olahraga Prestasi Belajar Olahraga Mahasiswa FIK UNESA. Jurnal Kepelatihan Olahraga 4(2):17-25.
Salirawati D. 2012. Pentingnya penerapan joyful learning dalam penciptaan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam : Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 2 Juni 2012. Hlm 39-44.
Saparahayuningsih S. 2010. Peningkatan kecerdasan dan kreativitas siswa. Jurnal Kependidikan Dasar 1(1):1-6.
Sawitri S, R Rachmawati & R Syamwil. 2010. Pengembangan kreativitas pengrajin pada industri kain perca di kabupaten Semarang. Jurnal Inovasi dan Perekayasa Pendidikan 3(1):401-422.
Setianingsih E, Z Uyun & S Yuwono. 2006. Hubungan antara penyesuaian dan kemampuan menyelesaikan masalah dengan kecenderungan perilaku delinkuen pada remaja. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro 3(1):29-35.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tahar I & Enceng. 2006. Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh 7(2):91-101.
Trisnawati D, Sarwi &Sugianto. 2012. Penerapan peta konsep pada pokok bahasan tekanan untuk mendeskripsikan penguasaan konsep siswa. Unnes Physics Education Journal 1(1):1-6.
Yuwono S & Partini. 2008. Pengaruh pelatihan kewirausahaan terhadap tumbuhnya minat berwirausaha. Jurnal Penelitian Humaniora 9(2):119-127.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.