PENUGASAN PROYEK UNTUK MENGOPTIMALKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Anggitalina Pramilia Dewi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Supriyanto - Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Endah Peniati Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Activities, Human system respiration, Students’ learning, Achievements

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penugasan proyek pada pembelajaran konsep sistem pernapasan manusia terhadap optimalisasi aktivitas dan hasil belajar siswa SMA N 2 Sragen. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPA4 dan XI IPA5, pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling dengan desain penelitian One Shot Case Study. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, hasil belajar siswa, data kinerja guru, data tanggapan siswa, dan tanggapan guru. Analisis data hasil belajar diambil dari rata-rata nilai setiap aspek hasil belajar. Analisis data aktivitas siswa, tanggapan siswa dan guru serta kinerja guru menggunakan analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian diperoleh persentase siswa yang sangat aktif dan aktif mencapai 97,7% pada kelas XI IPA4 dan 98,9% pada kelas XI IPA5. Hasil belajar siswa mencapai ketuntasan KKM sebesar 100%. Pembelajaran konsep sistem pernapasan manusia melalui penugasan proyek dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA N 2 Sragen.

 

The purpose of this research was to examine the influence of project assignments of human respiratory system on the optimized activities and students’ learning achievement at SMA N 2 Sragen. The research was conducted in classes XI IPA4 and XI IPA5, the sampling was taken by simple random sampling techniques and using design One Shot Case Study. Data was collected from students’ activities, learning achievement, teachers’ performance data, student’s response data, and teachers’ responses. Data analysis of the learning results were taken from the average scores of every aspects of learning achievement. Students’ activity data, responses of students and teachers, and teachers’ performance were analysed by descriptive percentage analysis. The results obtained by the percentage of students who were very active were reaching 97,7% in class XI IPA4 and 98,9% in class XI IPA5. Learning achievement already statisfied minimum passing grade ( KKM) by 100%. The learning concept of the human respiratory system through the project assignment can be optimized to influence the activity and student learning achievement at SMA N 2 Sragen.

Author Biographies

Anggitalina Pramilia Dewi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Gedung D6 FMIPA Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Supriyanto -, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Gedung D6 FMIPA Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Endah Peniati, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Gedung D6 FMIPA Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

References

Anonim. 2009. Penerapan Metode Proyek dalam Meningkatkan Aspek Psikomotorik Anak

Didik pada Pelajaran PAI di SMPN X. Online at http://gudangmakalah.blogspot.com/2009/08/skripsi-penerapan-metode-proyek-dalam.html [diakses tanggal 11 Mei 2011].

Baharuddin, H. A.R., Khairul, A. M.D., Kamaruzaman, J., Nik, A. A.G. 2009. Project Based Learning Practices at Politeknik Kota Bharu, Malaysia. Online at www.ccsenet.org/journal.html [diakses tanggal 1 Maret 2010].

Boud & Felleti. 1991. Pengenalan PBL (Project Based Learning). Online at http://teichno.com/ p=93 [diakses tanggal 10 Juli 2010].

Darsono, M., Sugandhi, A., Martensi, Sutadi, R.K dan Nugroho. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Gaer, S. 1998. Proyek, Ketekunan dan Tempat Kerja. Online at http:// www.cambridge.org/us/ esl/ventures/articles/enews0207a.htm [diakses tanggal 10 Juli 2010].

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Khamdi, W. 2008. Project-Based Learning: Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Makmun, A.S. 2003. Psikologi Pendidikan PerangkatSistem Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya.

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. Online at http://www.edutopia.org/teaching-module-pbl-how [diakses tanggal 2 Januari 2011].

Section
Articles