PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN SPESIMEN PADA MATERI INVERTEBRATA
Abstract
The aim of research determine difference between learning outcomes and student activity using learning model Picture and Picture assisted specimens on material Invertebrates. Research of design use one shoot case study. The sample was class X-1 and X-2 determined Total Sampling technique. The independent variable was learning model used Picture and Picture helped Invertebrates specimens, while dependent of variable was learning outcomes (LKS score and final exam score) and student activities. The activity student learning in classical style in class X-1 was 88% and X-2 was 86%. The cognitive learning outcomes students used classical style in class X-1 was 93,78% and class X-2 was 88,8%. The outcomes data teacher performance in class X-1 and X-2 was very good, both classes indicated average grade of 15. The students response in class X-1 was 85.1% while in class X-2 was 93,8%. Teaching response toward method showed interest and agree using LKS models Picture and Picture helped Invertebrates specimens appicated this study.The conclusions this study is application learning models Picture and Picture helped Invertebrates specimens method can increase activity students in classical style was 87% and student learning outcomes in classical style was 86.33% apply in senoir high school of Teuku Umar Semarang.
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantuan spesimen pada materi invertebrata. Desain penelitian ini one shoot case study. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 dan X-2 yang ditentukan dengan teknik total sampling. Variabel bebas berupa model pembelajaran Picture and Picture berbantuan spesimen Invertebrata, sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar (nilai LKS dan nilai akhir) dan aktivitas siswa. Hasil belajar kognitif siswa secara klasikal kelas X-1 sebesar 93,78% dan kelas X-2 sebesar 88,88. Aktivitas siswa secara klasikal pada kelas X-1 sebesar 88% dan X-2 sebesar 86%.. Kinerja guru pada kelas X-1 dan X-2 sangat baik. Tanggapan siswa kelas X-1 sebesar 85,1% dan kelas X-2 sebesar 93,8%. Tanggapan guru menunjukkan bahwa guru tertarik dan setuju menggunakan media LKS dengan model Picture and Picture berbantuan spesimen Invertebrata yang diterapkan dalam proses pembelajaran.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan spesimen pada materi Invertebrata dapat meningkatkan aktivitas siswa secara klasikal sebesar 87% dan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 86,33% di SMA Teuku Umar Semarang.
Â
References
Gunadi I.K. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning dengan Tutor Sebaya Berbantuan Picture and picture Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP 1 Sukasada Tahun Ajaran 2011/2012. Kumpulan Artikel Mahasiswa (KARMAPATI) 3(1):376-387.
Denpasar, Bali : Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesa.
Gusti R.P. 2006. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi melalui Pendekatan Konseptual dengan Model Pembelajaran Berbasis Gambar (Picture and Picture) pada Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kota Padang Pajang. Jurnal guru (3):1.
Indrawati S.E. 1997. Kemampuan Guru Biologi SLTP Swasta di Jawa Timur Menggunakan Fasilitas Labolaturium dalam Mengajrakan Materi Tentang Herwan. Jurnal CHIMERA 4(2): 45-55. Malang : Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Malang.
Mundziroh S, Andayani & K. Saddhono. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita dengan Menggunakan Metode Picture and Picture Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarnya (BASASTRA) 1(1): 129-138. Surabaya: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia JPBS FKIP Universitas Sebelas Maret.
Putra D R, Rosmaini & Arnentis. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Aktif Siswa dalam Pembelajaran Biologi Kelas X 3 SMA N 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Guru. Riau : Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau.
Rahman T. 2010. Peranan Pertanyaan terhadap Kekuatan Retensi dan Pembelajaran Sains pada Siswa SMU. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya: 1-11. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahayu. 2010. Penerapan Metode Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 6 Surakarta pada Pembelajaran Biologi Tahun Ajaran 2009/2010.(skripsi). Surakarta : FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sadiman A. S, R. Rahardjo, A. Haryono & Raharjo.2007. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Gradfindo Persada.
Wahyu C.P. T.2009. Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di SMP 2 Sambong Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2007/2008. Jurnal Guru 2(2): 88-93. Blora : SMP 2 Sambong Kabupaten Blora.
Yusuf Y & M. Natalina. 2005. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktur di kelas I 7 SLTP N 20 Pekanbaru. Jurnal Biogenesis 2 (1) : 8-12. Pekanbaru : Labolatutrium Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Riau Pekanbaru.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.