MODEL HANDS ON MINDS ON DENGAN BANTUAN MEDIA ASLI PADA MATERI SPERMATOPHYTA
Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan model hands on minds on dengan bantuan media asli terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Spermatophyta di MAN Batang.Metodepenelitian yang digunakanadalah pre eksperimendengandesain one shoot case study. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Batang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model hands on minds on dengan bantuan media asli pada materi Spermatophyta,dan variable terikatnya adalah hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila ketuntasan klasikal siswa
?85 % dengan KKM ? 65.Secara individual rata-rata hasil belajar siswa di kedua kelas lebih dari 65, kelas X.1 74,83 dan kelas X.475,05. Ketuntasan secara klasikal persentasenya mencapai 91,42% untuk kelas X.1 dan kelas X.4 94,28%. Aktifitas siswa menunjukkan respon positif pada aktivitas pembelajarannya di kelas X.1 dan X.4 86,66% dan aktivitas praktikum mencapai kelas X.1 88,57% dan kelas X.4 93,33%.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan hands on minds on dengan bantuan media asli dapat diterapkan pada materi Spermatophyta karena dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
The research objectivesare to determine the application of hands-on minds on models with the help of the original media on learning outcomes and activities of students on the Spermatophyta material at the MAN Batang.The research method uses preexperimental design one shoot case study. The research was conducted at MAN Batang.This research is successful when students exhaustiveness classical KKM ? 85% with ? 65.Results showed that the average individual
learning outcomes of students in both classes over 65, for classes and class X.1 74.83 75.05 X.4. Exhaustiveness in the classical percentage reached 91.42% for class and class X.1
X.4 94.28%. Student activity showed a positive response on learning activities in class and X.4 X.1 86.66% and achieving a class lab activity X.1 88.57% and 93.33% X.4 class. From
the research results can be concluded that the application of hands-on Minds on with the help of the original media can be applied to the material Spermatophyta with the average student to achieve ? 65 and ? 85% classical exhaustiveness.
References
Anni, C. 2005. Psikologi Belajar. Semarang:UNNES Press.
Anggraito, U., Nugroho, A., Palupi, D.2006. Peningkatan
Aktivitas siswa dalam Kerja Ilmiah Melalui Pembentukan Kelompok Kooperatif STAD Dalam Penilaian autentik. Jurnal Penelitian Pendidikan 1(22):37-43. Semarang: Lembaga Penelitian UNNES
Irsadi, A., Saiful, R., Ibnul, M.2006.Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan menggunakan Pendekatan Penjelajahan Alam Sekitar (JAS) Dan Model IQRA Di Madrasah Aliyah ( MA ). Dalam: Prosiding Seminar Nasional Biologi 2006. Jurusan Biologi FMIPA UNNES. Semarang, 26 Agustus 2006. Hlm 249-252.
Manurung, S dan Nuryani, Y.2010. Hands And Minds Activity Dalam Pembelajaran Fisika Kuantum Untuk Calon Guru. Dalam : Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010. Universitas Negeri Medan & Sekolah Pasca Sarjana UPI
Sudjana, Rifai dan Anni. 2009. Psikologi pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES
Saptono, S. 2006.Rekapitulasi BerbasisPengetahuan Awal Siswa Alternatif Strategi Pembelajaran Biologi Di SMP. Dalam: Prosiding Seminar Nasional Biologi 2006. Jurusan Biologi FMIPA UNNES. Semarang, 26 Agustus 2006. Hlm
-271.
Starrett, Shelli, K, Morcos, M. M. 2001. Hands-on, minds-on electric power education. Jurnal of Enginering Education on line at http://findarticles.com/p/articles/mi_qa3886/is_200101/ai_n8943440pg_7 ?tag=mantle_skin;content
Sudjana, N & Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar BaruAlgensindo.
Sutjiono, T. 2010. Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal pendidikan penabur (4):76-84
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.